Selasa 29 September 2020, 15:20 WIB

PSBB, DPRD Minta Anies Dorong Pusat Beri BLT ke Warga DKI

Hilda Julaika | Megapolitan
PSBB, DPRD Minta Anies Dorong Pusat Beri BLT ke Warga DKI

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Warga menerima paket bansos sembako tahap ke-7 di permukiman Jalan Bangka IV, Kelurahan Pela Mampang, Jakarta, Jumat (18/9).

 

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak mendorong Gubernur Anies Baswedan untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga. Terlebih PSBB dan pandemi belum diketahui kapan berakhirnya. BLT ini dibutuhkan masyarakat untuk mendorong roda perekonomian di masyarakat.

“Saya kira yang terbaik untuk kondisi sekarang adalah memberikan bansos dalam bentuk BLT, bukan paket seperti sebelumnya. Daya beli masyarakat sangat rendah, dan uang yang beredar dengan BLT akan meningkatkan roda ekonomi DKI. Soalnya sekitar 67% uang beredar ada di DKI. Dampaknya akan terasa secara nasional,” kata Gilbert kepada Media Indonesia, Selasa (29/9).

Baca juga: Epidemiolog: PSBB DKI Sebaiknya Terus Diperpanjang

Namun, kebijakan BLT ini memang milik Pemerintah Pusat. Sehingga perlu ada dorongan dari Anies. Karena daerah menyesuaikan kebijakan ke pusat.

“Daerah itu menyesuaikan ke Pusat. Kalau pusat kasih paket, mereka sediakan sejumlah yang disepakati dari awal. Kalau pusat BLT, maka mereka juga akan BLT sejumlah yang disepakati juga,’ jelasnya.

Hal yang serupa diutarakan Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz, pihaknya sepakat jika pemerintah menggelontorkan BLT. Karena akan menggerakan ekonomi rakyat kecil. “Kami setuju BLT karena akan menggerakan juga ekonomi rakyat di bawah. Tapi kebijakan tersebut ada di pemerintah pusat,” katanya.

Pihaknya pun sudah membicarakan dengan Anies Baswedan. Menurut keterangannya, Anies siap memberikan BLT jika ada arahan dari Pemerintah Pusat.

“Ya saya sudah bicarakan dengan jajaran beliau (Anies). Mereka siap kalau ada arahan dari pusat,” tandasnya.

Baca Juga

Medcom.id

Tawuran Pelajar Renggut Satu Korban Jiwa

👤KG/J-2 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 05:17 WIB
Korban meninggal berinisial MS, 16, pelajar SMA kelas XI. Korban tewas di tempat perkara karena mengalami luka bacok cukup parah di bagian...
Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Humas Polri Terus Mengedukasi Masyarakat

👤Ykb/J-2 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 05:13 WIB
Idham juga meminta Humas Polri agar selalu mengambil peran, partisipatif dalam setiap momentum guna mendukung terpeliharanya keamanan dan...
Dok. XXI/Medcom.id

Bioskop XXI Batal Buka

👤Hld/Medcom/J-1 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 05:08 WIB
Pemprov DKI Jakarta mengizinkan CGV Indonesia, XXI, dan Cinepolis kembali beroperasi dengan protokol kesehatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya