Selasa 29 September 2020, 10:25 WIB

Beri Kepastian Hukum ke Pelaku Usaha, KCN Apresiasi Sri Mulyani

Abdillah M Marzuqi | Ekonomi
Beri Kepastian Hukum ke Pelaku Usaha, KCN Apresiasi Sri Mulyani

Dok Mi
Ilustrasi

 

Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara (KCN) Widodo Setiadi menyambut baik koordinasi yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Mahkamah Agung (MA) dalam rangka memastikan hukum bagi pelaku usaha di tengah situasi pandemi Covid-19.

Menurut dia, pernyataan Menteri Sri Mulyani terkait peran dari sistem peradilan sangat menentukan kemajuan dari ekonomi suatu negara sudah tepat. 

“Menurut kami sebagai pelaku usaha, itu pernyataan yang sangat tepat bahwa bisnis dengan hukum harus beriringan,” kata Widodo, Senin (28/9)

Kalau tidak ada kepastian hukum, tandasnya, akan berdampak juga langsung terhadap investasi yang dilakukan pelaku usaha terutama yang menggunakan dana swasta, atau tanpa memakai anggaran dana pemerintah baik APBN dan APBD.

“Ini sangat diperlukan oleh pemerintah, apalagi dengan pandemi covid-19. Karena pandemi covid itu menjadi tanggung jawab semua tanpa kecuali, bukan hanya pemerintah sendiri,” ujarnya.

Widodo berharap para pelaku usaha yang berinvestasi tidak memakai dana pemerintah seyogianya mendapat stimulus berupa kepastian hukum.

“Jangan ada tumpang tindih antara pusat dan daerah. Kalau ada tumpang tindih penegak hukum pun akan bingung mau pakai yang mana. Sehingga, ada celah buat oknum-oknum untuk melakukan langkah-langkah menghambat proyek ini. Jadi, stimulusnya kepastian hukum dan pusat dengan daerah harus selaras,” jelas dia.

Diketahui, Sri Mulyani mengatakan bahwa Kementerian Keuangan melakukan sinergi dan koordinasi dengan aparat penegak hukum untuk memformulasikan kebijakan. 

Pasalnya, situasi pandemi saat ini menjadi momentum bagi siapa saja yang hendak meminta keadilan dari keputusan-keputusan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Beberapa kasus hukum sering muncul, baik yang sedang atau yang akan berpotensi muncul di kemudian hari. Tentu kita berharap peranan dari lembaga judicial menjadi sangat penting di dalam menentukan, juga menciptakan rasa keadilan dan kepastian hukum bisnis,” kata Sri Mulyani. (Zuq)

Baca Juga

Antara/Puspa Perwitasari

ShopeePay Hadirkan Fitur Rekognisi Wajah

👤Gana Buana 🕔Senin 26 Oktober 2020, 01:16 WIB
Langkah ini sebagai respons terhadap tingginya transaksi digital melalui ShopeePay di masa pandemi covid-19. Dengan fitur rekognisi,...
Antara/Puspa Perwitasari

Pengembangan Ekonomi Syariah Butuh Komitmen

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 26 Oktober 2020, 00:48 WIB
Sebab, realisasi ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air masih jauh dari potensi yang dimiliki. Dengan pasar yang besar, Indonesia belum...
Antara/HO-Pertamina.

BBM RON Rendah Sebabkan Beban Kesehatan dan Lingkungan

👤Antara 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:17 WIB
Menurut dia, jalan terbaik dengan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, untuk beralih kepada BBM RON tinggi yang lebih ramah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya