Selasa 29 September 2020, 09:42 WIB

Polda Jambi Tambah Dua CCTV Pemantau Karhutla

Solmi | Nusantara
Polda Jambi Tambah Dua CCTV Pemantau Karhutla

Istimewa
Direktur Reskrimsus Polda Jambi (kiri baju putih) mengamati visual dari CCTV Asap Digital di Command Center Asap Digital di Mapolda Jambi.

 

DIREKTORAT Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menambah pemasangan dua CCTV (closed circuit television) untuk pemantauan dan mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan. Kedua CCTV ini merupakan perangkat pendukung baru dari Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla (Asap Digital) yang diinisiasi Polda Jambi bekerja sama dengan PT Telkom. Dua CCTV ini dipasang di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjbung Barat dan Kabupaten Sarolangun.

"Saat ini Polda Jambi bersama PT Telkom sedang melakukan pemasangan di dua lokasi baru untuk kamera CCTV Asap Digital. Sebelumnya sudah dipasang di delapan lokasi lain. Sudah berjalan dan bisa dipantau melalui Command Center Asap Digital di Mapolda Jambi," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi melalui Direktur Rekrimsus Kombes Pol Edi Faryadi, Selasa (29/8).

Penambahan pemasangan dan berfungsinnya kedua CCTV baru, dicek langsung Edi Faryadi bersama Kabid Humas Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi, Senin (28/9). Edi Faryadi berharap adanya kedua perangkat Asap Digital itu tersebut, jika terjadi kebakaran hutan atau lahan cepat terdeteksi dan cepat penanganan pemadamannnya.

Kendati ada Asap Digital, Edi Faryadi mengingatkan peran aktif masyarakat juga dibutuhkan dan terus ditingkatkan untuk mengentaskan potensi karhutla di Jambi. Salah satunya, warga terus diimbau supaya saat membuka lahan tidak membakar dan ramah lingkungan.

Dijelaskannya, Asap Digital  memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti data visual (CCTV), kondisi udara, hotspot serta data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla. Sebelumnya Polda Jambi juga telah memasang peralatan monitoring di ruang kerja As Ops Kapolri di Mabes Polri guna dapat memantau langsung aplikasi Asap Digital jika terjadi karhutla di Provinsi Jambi.

baca juga: Sosialisasi Karhutla Kepada Petani Terus Digalakkan 

Keunggulan dari aplikasi Asap Digital antara lain, bisa memantau adanya asap yang bersumber dari api. Berkat kecepatan informasi yang diterima petugas di Command Center, tim satgas karhutla dibantu tim perusahaan, secara dini dikerahkan ke lokasi melakukan pengendalian dan pemadaman.

Beberapa CCTV Asap Digital yang sudah terpasang antara lain di wilayah Kabupaten Muarojambi, antara lain di hutan lindung gambut Londerang, Betung Kumpeh, Suak Kandis, Sungai Aur. Selanjutnya di Kabupaten Tanjungjabung Timur, yakni di Sungai Jeruk, Rantau Indah dan di Taman Hutan Rakyat (Tahura). Dan satu unit terpasang di area PT Telkom Jambi. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Tingkat SDM Tanah Bumbu SHM-MAR Canangkan Program Seribu Sarjana

👤Denny Susanto 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 09:05 WIB
Pasangan Syafruddin-Alpiya (SHM-MAR) mencanangkan program pemberian beasiswa atau pendidikan gratis hingga jenjang sarjana bagi...
Greenpeace/AFP

Orangutan Serang Perkebunan di Aceh

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 08:23 WIB
Orangutan atau biasa disebut mawah oleh warga Aceh, sejak tiga hari terakhir menyerang lahan pertanian dan kebun milik warga di Kluet...
MI/Ignas Kunda

Kampung Adat Kawa Bisa Dukung Wisata Premium Labuan Bajo

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 08:05 WIB
Keindahan Kampung Kawa di Nagekeo, NTT yang masih alami diharapkan bisa mendukung keberadaan pariwisata premium Labuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya