Senin 28 September 2020, 23:00 WIB

Cuaca Buruk, Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Capai 6 Meter

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Cuaca Buruk, Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Capai 6 Meter

Antara
Sejumlah kapal nelayan yang tidak melaut karena potensi ketinggian gelombang tinggi.

 

PERAIRAN di wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, bakal mengalami gelombang tinggi 4-6 meter pada Selasa, 29 September 2020. Peringatan itu dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin (28/9).

"Area perairan dengan gelombang sangat tinggi (4.0 - 6.0 m) adalah Perairat barat Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Selatan banten, dan Perairan barat Pulau Enggano," tulis BMKG dalam laman resminya.

BMKG juga menyebut pola angin di wilayah Indonesia umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 5 - 25 knot. Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan P Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bag selatan, Perairan selatan Banten. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan. Berlaku mulai Selasa, 29 September 2020 07:00 WIB Sampai Rabu, 30 September 2020 07:00 WIB.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkas BMKG. (H-2)

Baca Juga

Dok. UBL

Wisuda UBL Dihadiri mantan Wapres dan Duta Besar Secara Virtual

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:51 WIB
Wisuda ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari pada 19-21 Oktober 2020 di Gedung Grha Mahardika Bujana (Auditorium) kampus.UBL...
ANTARA

IPB University akan Anugerahi Doni Monardo Doktor Honoris Causa

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:50 WIB
Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan tersebut diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB University pada Selasa...
DOk. UT

UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:48 WIB
Pada t2019 RTM difokuskan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ), maka tahun ini RTM berfokus pada bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya