Senin 28 September 2020, 20:03 WIB

Elektabilitas Zairullah-Rusli Unggul di Pilkada Tanah Bumbu

mediaindonesia.com | Nusantara
Elektabilitas Zairullah-Rusli Unggul di Pilkada Tanah Bumbu

Ist
Hasil survei menyatakan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli atau ZR unggul.

 

PASANGAN Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli atau ZR meraih suara terbanyak menjelang Pilkada 2020 kabupaten tersebut. Pasangan ini unggul dari dua pasangan lawannya berdasarkan dua Lembaga survei nasional. 

Hasil survei Charta Politika periode September 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimatan Selatan (Kalsel), Senin (28/9) menyebutkan, elektabilitas pasangan ZR yang didukung lima partai termasuk NasDem sebesar 42,9% atau unggul dari dua pasangan lainnya.

Survei juga mengungkapkan bahwa elektabilitas Syafrudin H Maming (SHM)-M Alpiya Rahman (MAR) hanya 22,5%. Kemudian Mila Karmila - Zainal Arifin hanya 5,6%. Sedangkan responden yang tidak menjawab atau tidak tahu pada polling itu sebanyak 29,0%. 

Keunggulan ZR juga dikuatkan lembaga survei Indikator. Berdasarkan survei lembaga ini, pasangan ZR meraih suara sebesar 59,8%. Berikutnya SHM-MAR 20,1% dan Mila Karmila-Zainal Arifin 1,5%. Sedangkan responden tidak tahu atau tidak menjawab 18,5%. 

Masih berdasarkan survei Indikator, sebanyak 58,9% responden menyatakan kecil kemungkinan mengubah pilihan mereka tersebut. Sedangkan 11,9% responden menyatakan sangat kecil atau hampir tidak mungkin mengubah pilihan itu. 

Sementara responden yang masih besar kemungkinan mengubah pilihannya 6,2%. Sedangkan yang cukup besar kemungkinan mengubahnya sebesar 13,5%. Dalam survei kemantapan memilih ini, 9,6% responden tidak menjawab atau tidak tahu. 

Berdasarkan hasil survei kedua lembaga tersebut, Wakil Ketua Eksekutif Partai NasDem Tanah Bumbu, Muhammad Akram Sadli, mempertanyakan hasil survei yang dirilis tim pasangan SHM-MAR. 

Survei tersebut menyebutkan suara pasangan Zairullah-Rusli nomor urut 3 hanya 10,9%. Padahal, Zairullah ialah Bupati Tanah Bumbu pertama dan tokoh masyarakat serta tokoh pemekaran Tanah Bumbu. 

Sedangkan SHM-MAR diprediksi meraih suara 85,8% berdasarkan survei tersebut. Padahal, keduanya tidak pernah duduk di kursi kepala daerah dan hanya mengandalkan pengaruh Mardani H Maming.

"Jika merilis survei atau polling, cobalah untuk menunjukkan objektivitas. Tidak memunculkan data yang aneh-aneh, yang tujuannya hanya  untuk mempengaruhi calon pemilih," ujar Akram, Minggu (27/9). 

Akram menduga, survei dari SHM-MAR tidak merata. Hanya dilakukan di basis suaranya. "Saya yakin, hari ini masyarakat sudah bisa menganalisa data. Mana  data yang valid dan yang tidak valid," tegas Akram. 

Meski unggul berdasarkan survei dua lembaga ini, Zairullah Azhar tak lantas jemawa. Menurutnya, survei hal yang biasa dalam dunia politik. Khususnya menjelang pilkada seperti sekarang ini. 

Menurutnya, bila ada hasil lembaga survei yang berbeda satu sama lain, meski akan membingungkan, ia yakin masyarakat sudah bisa menilai mana yang benar dan mana yang tidak. 

"Saya tidak bilang ada survei yang tidak benar. Tapi saya yakin, masyarakat bisa menilai sendiri. Tapi kalau saya, tidak ingin mengawali sesuatu dengan hal yang tidak benar," ujar Zairullah. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Nelayan Lakukan Efisiensi dengan Konversi di Masa Pandemi

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:37 WIB
"Jika dengan premium dibutuhkan 7-10 liter setiap harinya, dengan elpiji 3 kilogram, paling hanya 1-2...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring Sampai Desember

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:28 WIB
Masih tingginya kasus covid-19 di Aceh membuat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh memperpanjang masa kuliah...
MI/Gabriel Langga

Polsek Nelle Promosikan Prokes di Jalan Raya

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:04 WIB
Apabila ada pengendara roda dua kedapatan tidak menggunakan masker, polisi akan memberikan edukasi dan pengendara tersebut diberi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya