Senin 28 September 2020, 17:10 WIB

178 Hektare Lahan Eks Tambang Berubah Jadi Lahan Jambu Mete

mediaindonesia.com | Nusantara
178 Hektare Lahan Eks Tambang Berubah Jadi Lahan Jambu Mete

Ist
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat kunjungan di Desa Kerakas, Kecamatan Sungai Selan, Bangka Tengah, Babel, Senin (28/9).

 

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memanfaatkan lahan eks tambang di Babel untuk budi daya jambu mete dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Pernyataan tersebut ditegaskan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman di Desa Kerakas, Kecamatan Sungai Selan, Bangka Tengah, Babel, Senin (28/9).

Dalam arahannya, Gubernur Erzaldi  mengatakan jambu mete ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi petani, selain harganya cukup bagus, saat ini sudah ada investor yang membelinya.
 
Untuk pemprov mengajak masyarakat memanfaatkan potensi ini. Menurut Erzaldii budi daya jambu mete dalam waktu 2,5 tahun sudah dapat dipanen dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga mudah dibudi daya.

"Jambu mete ini diambil bijinya. Untuk kacang mete, harganya bagus, ada pembelinya, 2,5 tahun sudah panen. Jambu ini ditanam di lahan ekstambang, di Desa Kerakas banyak lahan ini," ungkap Gubernur Babel.

Untuk mendorong petani dalam menekuni usaha pertanian, pemprov akan membangun jalan pertanian di desa. 

Selain menjelaskan tentang budi daya jambu mete, di kesempatan yang sama Gubernur Erzaldi juga menjelaskan tentang persawahan di Desa Kerakas. 

Menurut Erzladi, masyarakat juga harus menggarap sawah yang ada di desa ini, karena selain untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri, juga untuk dijual sehingga nilai tambah masyarakat lebih bagus. 

"Kita harus banyak macam komoditi yang kita lakukan, karena dapat menutupi komoditi yang rendah harganya," ujarnya.

Di Bangka Selatan sudah terdapat tempat penggilingan pagi dengan kapasitas besar guna mendukung program persawahan. 

Oleh sebab itu, Gubernur Erzaldi Rosman meminta kepada petani agar dapat mengelola persawahan yang ada dengan baik, demi kesejahteraan masyarakat.  Program budi daya jambu mete di Babel ini telah ditanam pada lahan ekstambang seluas 178 hektare yang tersebar di Babel. 

Gubernur Erzaldi mengarahkan kepada petani agar serius menggarap lahan yang ada, pemprov akan memberikan bibit yang baik serta pupuk supaya hasil pertanian maksimal. 

Camat Sungai Selan Suhimin menilai, arahan Gubernur Erzaldi sangat penting bagi para petani karena, dapat menyemangati petani untuk menekuni usaha pertanian di Desa Kerakas. 

Selain itu, Gubernur Erzaldi juga memberikan bibit sayuran kepada pertanian secara simbolis dilanjutkan dengan meninjau lokasi jambu mete di Desa Kerakas. (OL-09)
 

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

BNNP Riau Gagalkan Penyelundupan Sabu 19 Kg

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 13:02 WIB
Badan Narkotika Nasional Provinsi  Riau berhasil menggagalkan peredaran sebanyak 19 kilogram  sabu-sabu dan 10 ribu butir...
MI/Ardi Teristi Hardi

KPU Gunungkidul Fasilitasi TPS di Lapas dan Rumah Sakit Daerah

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 12:16 WIB
KPU Gunungkidul menyediakan satu TPS di Lapas dan satu TPS di Rumah Sakit Daerah, di samping telah tersedia 1.907 TPS di seluruh...
 ANTARA FOTO/Arnas Padda

Tak Sedikit Warga Cianjur Enggan Tes Covid-19 karena Stigma

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 12:06 WIB
Saat ini masih terbentuk stigma di masyarakat, terutama kalangan kontak erat, enggan dites cepat atau dites usap karena jika hasilnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya