Senin 28 September 2020, 14:15 WIB

Rossi Yakin Juara Bila Tidak Jatuh

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Rossi Yakin Juara Bila Tidak Jatuh

Mohd RASFAN / AFP
Valentino Rossi.

VALENTINO Rossi mengaku sangat menyayangkan ketidakberuntungannya pada GP Catalunya pada balapan kemarin. Ia pun yakin bila dirinya tidak tergelincir pada tikungan kedua , mungkin ia yang dapat memenangkan balapan.

Sebelum terjatuh Rossi memang berada di posisi kedua di belakang pembalap Prancis Fabio Quartararo dan hanya berjarak 0.7s.

Baca juga: PBSI Kesulitan Berlakukan Promosi Degradasi Tahun Ini

"Ini sangat disayangkan karena ini merupakan minggu yang baik. Aku cukup cepat pada hari Jumat dan kami mampu meningkatkan performa motor, jadi aku cukup kuat," ungkap Rossi sebagaimana dilansir laman Crash, Senin (28/9).

Ia mendorong posisinya lantaran ingin tetap dekat dengan Fabio. Sayangnya temperatur saat balapan sangat rendah dan tikungan ke dua selalu berbahaya karena di sisi sebelah kiri memiliki temperatur yang lebih renda pada ban depan.

"Mungkin aku mendorong terlalu jauh di ujung sepenuhnya dan aku kehilangan (kendali) sisi depan motor," terang Rossi.

Saat dia melihat data, kondisinya sangat amat serupa dengan lap sebelum ia terjatuh. Namun dengan suhu udara saat itu, Rossi menyebut seharusnya ia lebih memperhatikan sisi sebelh kiri.

"Hal ini sangat amat disayangkan karena kami membutuhkan podium setelah minggu yang kuat seperti ini," terang Rossi.

Saat fokus utama Rossi adalah podium, penurunan besar dari performa ban Quartararo membuat catatannya lebih lambat dua detik. Artinya dengan kondisi tersebut bila Rossi tidak terjatuh ia memang berpeluang mendapatkan peringkat pertama.

"Pada awalnya, kami memiliki kecepatan yang bagus tetapi saya mencoba untuk berkendara dengan manis untuk ban depan dan belakang karena saya tahu, seperti semua orang, bahwa pada akhir balapan kami akan menderita. Jadi kami tetap di depan, tapi saya tidak terlalu memaksakan diri untuk berada di sana, " tandasnya.

Baik itu Fabio, Franco dan Rossi menjadi yang tercepat di bagian awal lomba dan kami memiliki jarak sangat dekat. Mungkin Fabio sedikit lebih baik, namn ketika ban telah menurun performanya hal itu akan sangat berpengaruh seperti yang terjadi oleh Quartararo yang kehilangan cukup banyak waktu karena bannya.

Namun Rossi menyebut tidak ada yang mengetahui apakah hal itu mungkin terjadi atau tidak. Namun ia menyebut kalau penurunan performa bannya sedikit lebih baik sehingga mungkin Rossi dapat menjadi lebaik di lap terakhir sehingga ia dapat menang.

Berharap Luca Marini Tetap di Moto2

Meski kecewa, hari itu Rossi tidak sepenuhnya buruk bagi pembalap Italia tersebut. Adiknya Luca Marini mampu tampil sempurna di Moto2.

"Kemenangan Luca sangat positif dan bisa membantu saya menelan kesalahan saya sendiri," ucap Rossi.

"Hari ini, dia sangat mengesankan saya dengan caranya mengendarai motor. Dia seperti mesin, tak pernah membuat kesalahan. Saat Lowes mengejarnya, Anda bisa lihat cara dia mengantisipasinya dan itu sempurna," puji Rossi.

"Jadi, selamat untuk dia. Saya harap dia tidak menemukan tempat di MotoGP pada tahun depan dan tetap membalap di Moto2!" kata Rossi berkelakar. (OL-6)

Baca Juga

AFP/Claus Fisker

BWF Batalkan Kejuaraan Dunia Junior di Selandia Baru

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 17:34 WIB
Kebijakan pembatasan dan ketidakpastian akibat pandemi covid-19, membuat BWF dan otoritas Selandia Baru tidak memiliki pilihan...
ANTARA

KONI Berharap Agenda Olahraga Bisa Dilangsungkan Kembali

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:05 WIB
Marciano sangat berharap agar pemerintah bisa mempertimbangkan pelaksanaan kembali agenda...
AFP/JOSE JORDAN

Monster Energy Yamaha Hanya Andalkan Vinales di GP Teruel

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 11:27 WIB
"Kami tegaskan sekali lagi, Valentino Rossi yang harus isolasi mandiri akibat positif covid-19 tidak akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya