Senin 28 September 2020, 12:45 WIB

Kasus Covid-19 di India Lampaui 6 juta

Nur Aivanni | Internasional
Kasus Covid-19 di India Lampaui 6 juta

AFP
Pengguna kereta api menggunakan masker di tengah kekhawatiran virus covid-19 di luar sebuah stasiun di Mumbai, India.

 

INDIA, pada Senin (28/9), melaporkan jumlah kasus virus korona baru atau covid-19 di negara itu telah melampaui enam juta. Menurut data Kementerian Kesehatan, India memiliki 6,1 juta kasus infeksi. Negara tersebut juga mencatat hampir 100.000 kematian akibat infeksi tersebut.

Dikutip dari AFP, India memiliki 80.000 hingga 90.000 infeksi baru setiap hari sejak negara tersebut mulai melaporkan kenaikan harian tertinggi di dunia pada akhir Agustus.

Baca juga: Kasus Harian Akibat Covid-19 di Brasil Alami Peningkatan

Pada Minggu, Perdana Menteri Narendra Modi meminta orang-orang untuk tetap mengenakan penutup wajah ketika mereka keluar rumah.

"Aturan tersebut adalah senjata dalam perang melawan korona. Aturan itu adalah alat yang ampuh untuk menyelamatkan nyawa setiap warga negara," kata Modi.

Awalnya, virus korona menyerang kota-kota besar termasuk pusat keuangan Mumbai dan ibu kota New Delhi, tetapi kemudian menyebar ke daerah pedesaan dan daerah di mana sistem perawatan kesehatan yang tidak memadai.

Beberapa penduduk setempat yang berbicara kepada AFP di Delhi mengatakan meski mereka tetap berhati-hati, ketakutan mereka tentang pandemi telah berkurang sejak awal tahun ini.

"Saya keluar rumah sepanjang hari karena pekerjaan saya. Saya tidak keluar rumah untuk hal lain," kata Umang Chutani, 23, yang merupakan pegawai toko obat.

"Masa depan tidak pasti tetapi seseorang hanya bisa berhati-hati dan mengikuti semua protokol kesehatan," lanjutnya.

Sementara itu, Himanshu Kainthola, 61, yang sembuh dari virus bulan lalu setelah dinyatakan positif dengan dua kerabat lainnya, mengatakan ketakutan keluarganya telah berkurang terhadap virus tersebut.

"Kami telah berdamai dengannya. Kami mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan dan meningkatkan daya tahan tubuh kami daripada menjadi cemas atau takut akan hal itu," katanya. (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

Portugal Umumkan Lockdown Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 November 2020, 08:35 WIB
Portugal, Jumat (30/10), mencatatkan 656 kasus covid-19 baru dan 40 kematian dengan hampir 2 ribu orang dirawat di rumah...
AFP/Alberto PIZZOLI

Polisi dan Demonstran Anti-lockdown Bentrok di Roma

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 November 2020, 08:04 WIB
Demonstran turun ke jalan selama sepekan terakhir di sejumlah kota di Italia, termasuk Roma, Naples, dan Turin, memprotes kebijakan...
AFP/Alberto Pezzali

Johnson Umumkan Lockdown Baru di Inggris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 November 2020, 07:16 WIB
Kebijakan lockdown itu diambil Johnson setelah Inggris melewati angka 1 juta kasus covid-19 selama pandemi, ketika mengumumkan hampir 22...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya