Senin 28 September 2020, 06:45 WIB

Trump Dilaporkan Tidak Bayar Pajak Penghasilan

Faustinus Nua | Internasional
Trump Dilaporkan Tidak Bayar Pajak Penghasilan

AFP/Brendan Smialowski
Presiden AS Donald Trump

 

PRESIDEN AS Donald Trump dilaporkan hanya membayar 750 dolar AS pajak penghasilan federal pada tahun 2016, tahun dia memenangkan pemilihan pertamanya. Hal itu diungkapkan The New York Times, Minggu (27/9), mengutip data pengembalian pajak yang diperpanjang lebih dari 20 tahun. Selain itu, Trump juga hanya membayar 750 dolar AS pada tahun pertamanya di Gedung Putih. Dan dia tidak membayar pajak penghasilan sama sekali dalam kurun waktu 10 dari 15 tahun sebelumnya, lantaran dia melaporkan kehilangan lebih banyak uang daripada yang dia hasilkan.

The New York Times menyampaikan bahwa data pajak yang telah dilihatnya menunjukan rincian lengkap. Hal itu juga menjadi temuan penting.

"(Data)memberikan peta jalan pengungkapan, dari penghapusan biaya pengacara pembela kriminal dan sebuah rumah besar yang digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga, hingga penghitungan penuh jutaan dolar yang diterima presiden dari kontes Miss Universe 2013 di Moskow," tulis NYT.

"(Catatan itu) mengungkapkan kehampaan, tetapi juga keajaiban di balik citra miliarder buatan sendiri," tambahnya.

Trump menolak laporan itu dan menuduh sebagai berita palsu. Alan Garten, seorang pengacara untuk Trump Organization, mengatakan kepada surat kabar itu bahwa kliennya taat pajak."Selama dekade terakhir, Presiden Trump telah membayar puluhan juta dolar pajak pribadi kepada pemerintah federal, termasuk membayar jutaan dolar dalam bentuk pajak pribadi sejak mengumumkan pencalonannya di 2015," kata Alan.

baca juga: Biden: Sebelum Pilpres Senat AS Jangan Tetapkan Calon Hakim Agung 

Diketahui, presiden AS memang tidak diwajibkan oleh hukum untuk merilis rincian keuangan pribadi mereka. Tetapi sejak Richard Nixon, setiap presiden merilisnya secara sukarela untuk meningkatkan kepercayaan piblik.

Namun, Trump telah melanggar tradisi kepresidenan dengan menolak merilisnya kembali. Pengembalian pajaknya, poin pembicaraan utama dalam pemilu 2016, telah hadir secara konstan selama masa kepresidenannya dan menjelang pemilu 3 November, ketika Trump mencari masa saat jabatan kedua.(AFP/OL-3)

Baca Juga

Antara

Serangan Rudal Armenia, 21 Orang di Azerbaijan Tewas

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 21:00 WIB
Militer Azerbaijan mengatakan serangan rudal di dekat Nagorno-Karabakh pada Rabu (28/10) telah menewaskan 21 orang dan puluhan lainnya...
AFP/Ahmad Gharabli

Indonesia Panggil Dubes Prancis dan Kecam Pernyataan Macron

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 20:51 WIB
Pemerintah Indonesia keberatan terhadap pernyataan Presiden Macron yang mengindikasikan ada kaitan antara agama dan tindakan...
AFP/NOAH SEELAM

Positif Covid-19 di India Mendekati Delapan Juta Kasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 20:40 WIB
Data dari kementerian kesehatan federal menunjukkan lonjakan sebanyak 43.893 kasus baru covid-19 dilaporkan dalam 24 jam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya