Minggu 27 September 2020, 21:58 WIB

Disiplin Protokol Kesehatan Jadi Kunci Penanganan Covid-19

Despian Nurhidayat | Humaniora
Disiplin Protokol Kesehatan Jadi Kunci Penanganan Covid-19

Antara/Asep Fathulrahman
Satpol PP melakukan razia penerapan protokol kesehatan

 

SENIN (28/9). Luhut Binsar Pandjaitan genap menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional selama dua pekan. Luhut sendiri ditugaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk mengatasi permasalahan covid-19 di 9 provinsi Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, Luhut tengah memastikan agar masyarakat dapat disiplin melakukan protokol covid-19 demi mencegah terjadinya peningkatan kasus covid-19.

"Ke depan selain memastikan penegakan disiplin terhadap 3M di lapangan, Pak Menko juga terus memastikan implementasi protokol tata laksana klinis pasien covid-19 termasuk sosialisasi, dan monitoringnya. Para dokter yang tergabung di berbagai perhimpunan profesi juga ikut membantu sosialisasi dan implementasi di rumah sakit rujukan terutama di 8 provinsi," ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (27/9).

Lebih lanjut, Jodi juga menegaskan bahwa Luhut akan mengkoordinasikam penyediaan obat-obatan maupun peralatan yang dibutuhkan para pasien penderita covid-19.

Baca juga : Besok, Penanganan Covid-19 di 9 Provinsi Prioritas Diumumkan

"Pak Menko juga terus mengkoordinasikan penyediaan obat dan alat yang dibutuhkan perawatan pasien covid-19 ini, terutama yang masih harus diimpor seperti remdesivir," kata Jodi.

Jodi menambahkan, penanganan covid-19 Indonesia terus menunjukkan tren positif meskipun pada Jumat (25/9) kemarin, angka kematian tembus di atas 10.000 kasus.

Menurutnya butuh kerja keras dari seluruh pihak agar wabah covid-19 di Indonesia segera berakhir. Salah satu kunci agar peningkatan kasus covid-19 dapat ditekan ialah disiplin protokol kesehatan.

"Pasien sembuh dari covid-19 terus menunjukkan tren peningkatan dari waktu ke waktu. Per Jumat (25/9), mencapai 73,5% dari total kasus. Capaian ini sekaligus menjadikan jumlah kasus aktif covid-19 menurun ke angka 22,6% atau 60.431 dari kasus terkonfirmasi," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok Book My Show

Bersepeda Sembari Beramal di Bike for Hope

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:21 WIB
Tujuan utama dari acara Bike for Hope adalah donasi untuk pekerja seni yang terkena dampak...
MI/Adam Dwi

Suryopratomo Mimpi Jadi Pemain Sepak Bola

👤Suryani Wandari Putri 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 04:40 WIB
WARTAWAN senior Suryopratomo, 59, tak pernah sekalipun memimpikan menjadi Duta Besar...
Medcom.id/ Roni Kurniawan

Manfaatkan Puskesmas dalam Upaya Pengendalian Penularan

👤Van/Ant/AFP/X-7 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 04:21 WIB
Pemerintah pusat berencana melakukan vaksinasi pada 9,1 juta warga pada November hingga Desember 2020. Pemerintah Provinsi Jawa Barat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya