Minggu 27 September 2020, 05:48 WIB

Mencuat Harapan PBSI Mampu Mandiri

Ykb/R-2 | Olahraga
Mencuat Harapan PBSI Mampu Mandiri

Dok MI
Taufik Hidayat

PENGURUS Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) kini memikul harapan agar mampu mandiri secara keuangan serta membangkitkan pembinaan di seluruh pelosok Tanah Air.

Hal itu diungkapkan peraih medali emas bulu tangkis Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat dan Olimpiade Atlanta 1996 Ricky Subagja saat dimintai pendapat terkait suksesi kepemimpinan di PBSI, Oktober nanti.

“Desentralisasi pembinaan di daerah, khususnya di luar Jawa, baik berbentuk pusdiklat bulu tangkis atau pelatnas wilayah harus dibentuk dan dibiayai PBSI secara mandiri,” tutur Taufik di Jakarta, kemarin.

PBSI mandiri secara keuangan, lanjut Taufik, berarti induk organisasi bulu tangkis nasional itu harus lebih mandiri di sektor keuangan serta punya keleluasaan mencari sponsor. “Jangan bergantung pada sponsor besar. Sponsor-sponsor di daerah harus didekati dan diberi pengertian,” papar Taufik.

“Siapa pun pengurusnya jangan bawa nama daerah, tetapi bawa nama Indonesia. Jadi, tidak ada yang bawa nama klub atau PB, harus bawa nama Indonesia,” tambah Taufi k.

Di bagian lain, Ricky Subagja menilai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Agung Firman Sampurna sebagai sosok yang mampu untuk memimpin PBSI periode 2020-2024. “Saya kira sangat tepat karena di samping beliau sebagai Ketua BPK dan ia juga mencintai bulu tangkis. Saya harap beliau dapat menarik sponsor-sponsor lain untuk terus mendukung atlet daerah agar bisa berprestasi,” terang Ricky yang berpasangan dengan Rexy Mainaky saat berjaya di Atalanta 1996 silam.

Ricky berpesan agar PBSI tak semata-mata hanya memikirkan pembinaan bulu tangkis di pusat kota. Menurutnya, pembinaan dan fasilitas di daerah harus diperhatikan demi prestasi bulu tangkis Indonesia.

Dukungan terhadap sosok Agung Firman Sampurna menjadi orang nomor satu di PBSI diungkapkan Ketua Umum Pengprov PBSI Bengkulu Suharto, Ketua Umum Pengprov PBSI Lampung Abdullah Fadri Aulia, dan Ketua PBSI Kalimantan Timur Achmad Junaidi. “Beliau muda, energik, serta punya semangat juang untuk memajukan prestasi bulu tangkis,” tutur Suharto.

Sebelumnya, Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Alex Tirta mengatakan 26 Pengprov PBSI mendukung Agung Firman Sampurna menggantikan Wiranto sebagai Ketua Umum PBSI 2020- 2024. (Ykb/R-2)

Baca Juga

AFP/Joe Klamar

Kalahkan Tsitsipas, Dimitrov Lanjut ke Perempat Final Wina Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:10 WIB
Mantan petenis peringkat 3 dunia itu bertahan 15 ace dari Tsitsipas dan menyelamatkan dua break point untuk meraih kemenangan setelah...
AFP/Olga Maltseva

Rublev Hanya Butuh 8 Menit untuk ke Perempat Final Wina Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 10:20 WIB
Unggulan kelima asal Rusia itu unggul 2-1 pada set pertama ketika petenis peringkat 43 dunia berusia 19 tahun itu mundur karena cedera kaki...
AFP

Turnamen Golf Selandia Baru Terbuka Batal Digelar karena Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 05:00 WIB
Turnamen tersebut seharusnya digelar di dua lapangan yang berlokasi di Pulau Selatan Queenstown pada Februari 2021...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya