Minggu 27 September 2020, 05:06 WIB

Piknik di Tengah Pandemi Dapat Diskon 50%

M Ilham RA | Nusantara
Piknik di Tengah Pandemi Dapat Diskon 50%

ANTARA/BUDI CANDRA SETYA
Wisatawan bermain kano di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Jawa Timur, kemarin.

 

PEMERINTAH optimistis dapat mencegah pertumbuhan ekonomi negatif berkepanjangan di Tanah Air dengan menggenjot sektor pariwisata. Tetunya upaya itu sembari mengedepankan protokol kesehatan.

Untuk itu, kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah akan
menyiapkan stimulus dengan anggaran sebesar Rp1 triliun yang akan dirilis berbarengan dengan pendistribusian vaksin covid-19 pada Desember 2020. Konkretnya, tiap warga yang telah memiliki nomor induk kependudukan (NIK) akan mendapat diskon paket wisata hingga 50%.

“Maksimum diskon Rp2,35 juta per NIK. Dengan hal ini, diharapkan terjadi multiplier effect sebanyak 4,58 kali sampai 5,85 kali atau senilai dengan Rp9,34 triliun sampai Rp11,93 triliun,” kata Luhut dalam keterangan resminya, kemarin.

Hal itu disampaikannya seusai mengikuti rapat tingkat menteri serta kampanye Indonesia Care (I Do Care) dan Protokol Kesehatan Pariwisata, di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau.

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah menteri dan kepala lembaga itu, Luhut menekankan protokol kesehatan sebagai panglima dalam menjalankan industri pariwisata di tengah covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang mengusung kampanye Indonesia Care atau I Do Care dalam menegakkan protokol kesehatan di dunia pariwisata,” imbuh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di kesempatan yang sama.

Kampanye itu menitikberatkan pada sosialisasi protokol kesehatan berbasis cleanliness, health, safety, and environmental sustainabi lity (CHSE) pada sektor MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition). Kampanye akan digelar di Bintan, Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten, DKI Jakarta, dan Semarang.

Rangkaian kegiatan berlangsung dari 26 September hingga 9 Oktober 2020.

Wisata pernikahan

Di kesempatan terpisah, Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Masruroh mengatakan pihaknya tengah berupaya memopulerkan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata internasional untuk pernikahan (wedding tourism destination).

Saat ini, tujuan wisata internasional untuk pernikahan di Indonesia yang banyak dipilih ialah Bali dan Bintan.

“Untuk bisa menjadi tujuan wisatawan internasional, penyelenggara pernikah an harus mampu mengemas sesuatu yang beda, unik, dan tidak dilupakan seumur hidup,” kata Masruroh kepada media seusai talkshow Sinergi Penyelenggara Wedding Menuju Yogyakarta sebagai Next Wedding Destination di Mal Hartono, Jumat (25/9) petang.

Manfaat dari label destinasi wisata internasional untuk pernikahan, sambungnya, masa tinggal wisatawan di Yogyakarta akan lebih lama dan belanja yang dikeluarkan pun akan lebih banyak. Manfaatnya pun bisa dirasakan lebih luas oleh pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata di kota itu.

Masruroh juga berpesan, pada masa pandemi covid-19, para pengorganisasi pernikahan (wedding organizer) di DIY bisa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Kegiatan pernikahan jangan jadi klaster baru penyebaran covid-19. Buktikan kepada semua orang, kita bisa bergerak tanpa membuat covid-19 jadi lebih besar,” kata dia. (AT/AU/E-2)

Baca Juga

Istimewa

Ahmad M Ali Donasikan 1.000 Masker untuk Gereja Kristen Sulteng

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 22:10 WIB
ANGGOTA Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad M Ali menyalurkan bantuan seribu masker untuk dibagikan kepada seluruh Jamaat Gereja Kristen...
MI/Gabriel Langga

Menkop Teten Luncurkan Digitalisasi UMKM Kopdit Obor Mas

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:12 WIB
Teten juga mengakui ada tiga problem dasar yang dialami oleh pelaku UMKM yang ketika memasukan produknya di market...
MI/Widjajadi

Legislator Nasdem Eva Yuliana Pantau Program E-Policing di Solo

👤Widjajadi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:01 WIB
Politisi dari Dapil V Jawa Tengah ini berharap program inovatif telah diterapkan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya