Sabtu 26 September 2020, 10:28 WIB

12 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Pendidikan Tasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
12 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Pendidikan Tasikmalaya

MI/Kristiadi
Ilustrasi: Rapid test di Tasikmalaya

 

GUGUS Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kota Tasikmalaya menjemput belasan pasien dari rumah masing-masing usai diketahui hasil swabnya positif covid-19. Penambahan jumlah pasien positif tersebut berasal dari klaster baru pendidikan.

Penambahan pasien terkonfirmasi covid-19 di Kota Tasikmalaya, setiap hari bertambah hingga mencapai 23 orang dan saat ini ada temuan baru 12 orang dari klaster pendidikan. Sebelumnya, ditemukan penambahan kasus terkonfirmasi positif dari klaster keluarga sehabis pulang rekreasi memakai bus, berkeliling Sumatra sampai Aceh selama hampir sebulan lamanya. 

"Untuk sekarang ini ada penambahan jumlah pasien positif covid-19 terkonfirmasi melalui swab massal dan ditemukan klaster baru, pertama kali, dari pendidikan. Jumlahnya mencapai 12 orang, ada juga enam orang pegawai, 3 orang dari klinik, satu dari kecamatan dan satu sepulang dari Subang. Pasien telah mendapat perawatan di ruang Inap Mitra Batik RSUD dr Soekardjo," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat, Sabtu (26/9).

Baca juga: Hadapi Gelombang Kedua Covid-19, Tasikmalaya Perketat Aturan

Uus mengatakan penambahan pasien covid-19 sekarang ini masih terus terjadi. Dinas pun berupaya melakukan tracing terkait kasus yang terjadi selama ini. Karena, sejak kemarin sampai pagi semua mobil ambulans di setiap Puskesmas dikerahkan untuk melakukan penjemputan pasien terkonfirmasi dan mereka langsung ditempatkan di ruang isolasi khusus Mitra Batik yang baru diresmikan.

"Untuk sampai saat ini penambahan belasan pasien terkonfirmasi yang dirawat di ruang isolasi itu belum bisa dipublikasi secara rinci karena masih proses tracing, mencari orang yang kontak erat dan mudah-mudahan ini tak bertambah lagi. Semua masih proses tracing jadi kita belum bisa beri data yang klaster baru tersebut," ujarnya.

Menurutnya, pasien baru tersebut sebagian besar berstatus orang tanpa gejala (OTG) tapi dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan hasil swab.

"Untuk sampai sekarang tercatat total kasus sebanyak 23 orang yang terkonfirmasi covid-19 di Kota Tasikmalaya. Sedangkan, klaster baru sebanyak 12 orang dari pendidikan yang baru, 6 kasus pegawai instansi, 3 kasus dari klinik, 1 kasus dari Kecamatan Bungursari dan 1 kasus dari Kecamatan Cibeureum sehabis pulang dari Subang," paparnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Realitas Politik Kalahkan Idealisme Demokrasi

👤Widjajadi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 03:20 WIB
Demokrasi menjadi tidak sehat ketika muncul hegemoni suatu partai. Inilah realitas politik dalam pilkada...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kotak Kosong, Antara Makassar dan Soppeng-Gowa

👤Lina Herlina 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 03:15 WIB
Pasangan calon pilkada Kabupaten Soppeng dan Gowa, Sulawesi Selatan, bermodal kuat dengan menyapu bersih dukungan seluruh partai pemilik...
DOK MI

Survei: Danny Pomanto-Fatmati Rusdi Unggul di Pilkada Makassar

👤Lina Herlina 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 02:50 WIB
Dari hasil survei, masih ada 49 persen pemilih di Pilkada Kota Makassar Sulawesi Selatan yang bisa saja mengubah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya