Sabtu 26 September 2020, 09:54 WIB

UMS Ikutkan Robot Penyemprot Disinfektan dalam Kontes Robot

Widjajadi | Humaniora
UMS Ikutkan Robot Penyemprot Disinfektan dalam Kontes Robot

MI/Widjajadi
UMS Ikutkan Robot Penyemprot Disinfektan dalam Kontes Robot Ristekdikti Kemndikbud

 

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti kontes robot yang digelar Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara online yang dilangsungkan mulai Sabtu (26/9). Tim Robotik UMD menampilkan robot penyemprot disinfektan dan robot tari enggang dalam kontes yang diikuti ratusan perguruan tinggi itu.

"Selain robot penyemprot disinfektan, tim robotik UMS juga tampilkan robot tari enggang," Wakil Rektor III UMS, Prof. Taufik Kasturi, Ph.D kepada wartawan, di kompleks Pabelan.

Ada tiga Tim Robotik UMS yang mengikutkan karya robot mereka di kontes robot. Mereka adalah Tim Megalodon, Tim Adisha, dan Tim RR El Ganador, yang akan bertanding di divisinya masing-masing.

Tim Megalodon berlaga di Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Tim Adisha berlaga di Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Tim ER El Ganador berlaga di Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI).

Dia memaparkan bahwa kontes kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Jika tahun sebelumnya kontes dilakukan secara langsung (offline), untuk tahun 2020 ini kontes dilaksanakan secara online (virtual) melalui aplikasi Zoom," imbuh Taufik.

Selain itu, lanjut dia, untuk kategori KRPAI yang semula hanya berfokus pada pemadam kebakaran, pada tahun ini berhubung sedang pandemi Covid-19, maka dari tiga sesi lomba, dua sesi di antaranya adalah untuk kontes robot penyemprot disenfektan dan satunya lagi sesi pemadaman kebakaran.

Khusus kategori KRSTI atau robot seni, UMS membawa tema yang beda dari tahun lalu. Pada tahun ini temanya ialah Tari Enggang dari Dayak. Sedang kategori KRTI itu yang dikompetisikan hanya desain perencanaan saja.

"Walau secara virtual dipastikan peserta tidak bisa memanipulasi penjurian. Sebab untuk satu robot diambil gambarnya dari berbagai sisi dengan menggunakan beberapa kamera yang terkoneksi ke aplikasi zoom," tukasnya sekali lagi.

Kabag Penalaran Kreativitas dan Softskill Bagian Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Al-Ghifari, menyatakan UMS telah mengikuti kontes robotic kurang lebih lima kali untuk kategori KRPAI dan KRSTI.

"Tahun kemarin divisi KRPAI sudah lolos sampai Nasional dan KRSTI lolos regional, sedang KRTI itu baru tahun ini kami ikut serta," tambahnya.

Ketua Tim Megalodon, Bima Eka mengatakan, robot yang mereka buat telah dilengkapi sensor api yang bisa mendeteksi api yang berada di sekitarnya yang harus dipadamkan.

Ia optimistis timnya bisa lolos sampai tahap selanjutnya. "Kami optimistis bisa lolos di tahap selanjutnya. Pasalnya kami telah mempersiapkan ini sudah satu tahun lamanya. Kemudian perangkat yang kami gunakan sudah cukup mumpuni dan sudah kami uji coba berulang kali," jelasnya.

Kontes robotik kategori KRPAI ini, diikuti 83 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Dan untuk kategori KRSTI diikuti sebanyak 57 kampus dari berbagai kota di Tanah Air. (WJ/OL-10)

caption : Tim Robotik UMS keluarkan robot penyemprot disinfektan dan robot tari enggang dalam kontes robot yang digelae Ristekdikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ( MI/Widjajadi)

Baca Juga

DOK BRI

Dorong Kelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

👤S2-25 🕔Senin 26 Oktober 2020, 03:23 WIB
Bank BRI melalui program ‘BRI Bersih-Bersih Kali’ telah mengembalikan fungsi dan peran Sungai Kalisari Kampung Pelangi sebagai...
ANTARA

Krisdayanti Tetap Mendoakan Anaknya

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 03:15 WIB
ANGGOTA DPR dan penyanyi Krisdayanti (KD), 45, mengakui anaknya, Aurel Hermansyah, tidak pernah bicara kepadanya soal rencana...
ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

Awas Klaster Banjir dan Libur Panjang

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 02:44 WIB
Selain di pengungsian, klaster baru penularan covid-19 dikhawatirkan muncul tatkala masyarakat merayakan cuti...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya