Sabtu 26 September 2020, 05:56 WIB

Berkas Kasus Surat Jalan Palsu Joko Tjandra P-21

Ykb/Ant/P-5 | Politik dan Hukum
Berkas Kasus Surat Jalan Palsu Joko Tjandra P-21

Antara/Muhammad Adimaja
Joko Soegiarto Tjandra

 

BERKAS perkara kasus surat jalan palsu Joko Soegiarto Tjandra akhirnya telah dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan Agung. Tim penyidik rencananya akan melakukan pelimpahan tahap dua pada pekan depan.

Ketiga tersangka surat palsu sang ‘Joker’, panggilan Joko Tjandra, yakni tersangka Brigjen Prasetijo Utomo (BJP PU), Anita Kolopaking, dan Joko Tjandra. “Dalam kasus surat palsu dengan tersangka BJP PU, Anita Kolopaking, dan Joko Tjandra sudah dinyatakan lengkap oleh JPU (jaksa penuntut umum),” papar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo, kepada Media Indonesia, kemarin.

Selanjutnya, pelaksanaan tahap dua akan dilakukan pada Senin (28/09). Perihal berkas red notice Joko Tjandra, Badan Reserse Kriminal Mabes Polri masih menunggu laporan hasil penelitian dari JPU. “Kita tunggu hasil penelitian dari JPU,” tutur Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono.

Seperti diketahui, penyerahan berkas kedua kalinya akan diteliti oleh jaksa selama satu Minggu dari pengiriman berkas perkara.

Penyidik Bareskrim telah menyerahkan kembali tahap I berkas perkara gratifikasi pengurusan pencabutan red notice Joko Tjandra ke Kejagung, Senin (21/9), setelah diperbaiki.

Berkas perkara yang diserahkan ke JPU itu dibagi empat berkas, yaitu berkas tersangka Joko Soegiarto Tjandra, berkas tersangka Irjen Napoleon Bonaparte, berkas tersangka Brigjen Prasetijo Utomo, dan berkas tersangka Tommy Sumardi.

Sebagaimana diketahui berkas perkara tersangka Anita tebalnya 2.025 lembar, berkas tersangka Joko setebal 1.879 lembar, dan berkas tersangka Prasetijo setebal 2.080 lembar.

Pada Rabu (9/9), Kejaksaan Agung mengembalikan berkas perkara tiga tersangka tersebut ke Bareskrim Polri karena jaksa penuntut umum menilai masih ada yang perlu dilengkapi penyidik pada berkas perkara tersebut.

Selanjutnya Kamis (17/9), penyidik Bareskrim menyerahkan kembali tahap I berkas perkara kasus pemalsuan surat terkait Joko Tjandra ke Kejaksaan Agung. Seusai dinyatakan lengkap, penyidik Bareskrim selanjutnya akan melakukan pelimpahan tahap II, yaitu melimpahkan tersangka dan barang bukti kepada pihak Kejaksaan Agung. (Ykb/Ant/P-5)

Baca Juga

Antara

Pemerintah Klaim Proses Penyusunan UU Cipta Kerja Sudah Transparan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 23:30 WIB
"Dari naskah akademik itulah disusun pasal demi pasal, sehingga setiap pasalnya sudah disusun berdasarkan kajian,"...
Antara

Istana: Pemerintah Seimbangkan Demokrasi dan Stabilitas

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:37 WIB
Moeldoko mengatakan tidak mudah bagi pemerintah menempatkan keseimbangan yang dinamis antara demokrasi dan...
Ilustrasi

Paslon di Pilkada 2020 Diminta Maksimalkan Debat Publlik

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:04 WIB
Titi menuturkan, pandemi membuat masyarakat cenderung kekurangan informasi terhadap program, visi, misi dari para...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya