Jumat 25 September 2020, 16:15 WIB

Pandemi Jadi Momentum Pemulihan dan Transformasi Ekonomi

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pandemi Jadi Momentum Pemulihan dan Transformasi Ekonomi

MI/Hendrikremer
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat memberikan keterangan pers.

 

PANDEMI covid-19 menjadi momentum bagi pemerintah untuk merumuskan kembali kebijakan transformasi ekonomi nasional. Pelemahan di berbagai sektor usaha karena terdampak pandemi diupayakan untuk diperbaiki pemerintah.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers Rapat Koordinasi Pimpinan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dari siaran persnya, Jumat (25/9).

Baca juga: Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Naik Jadi Rp695,2 Triliun

"Salah satunya, optimalisasi belanja pemerintah di sektor pariwisata dengan membuat event seperti Rakorpim hari ini, yang kita lakukan untuk mendorong dimulainya kegiatan wisata dan MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di lokasi destinasi wisata," ujar dia.

Airlangga yang juga Ketua Komite PC-PEN menjelaskan, pelaksanaan protokol kesehatan dengan kampanye 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dalam rangka mengurangi tingkat infeksi perlu disertai dengan penegakan disiplin. "Bahkan perlu melibatkan aparat keamanan, Polri dan TNI secara aktif, disertai dengan pengenaan tindakan mulai dari teguran hingga tindakan pidana," tegasnya.

Uji coba penegakan disiplin dalam pelaksanaan protokol kesehatan yang dilakukan di 9 provinsi dengan tingkat infeksi dan penularan tinggi (zona merah) telah menunjukkan hasil yang baik. Penegakan disiplin ini pun akan terus dipertahankan beberapa bulan ke depan, supaya menjadi zona kuning dan kemudian ke zona hijau.

Pendekatan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara klaster juga mulai menghasilkan kemajuan, sehingga isolasi akan dilaksanakan berdasarkan sumber penularan tanpa mengorbankan tempat lain.

"Kita belajar bahwa pendekatan one size fit all tidak tepat, karena memang setiap lokasi, klaster memang beda, sehingga program penanganan covid 19 pun akan berbeda pula sesuai dengan karakter lokasi/klaster tersebut," jelas Airlangga.

Langkah itu akan diperluas dan dilanjutkan supaya tingkat imunitas masyarakat meningkat secara signifikan hingga vaksin ditemukan dan terdistribusi dengan baik. Selain itu, Airlangga turut menyampaikan progres penanganan covid-19, upaya pemulihan ekonomi pun menunjukkan kabar menggembirakan. Hingga pekan ini, tingkat penyerapan anggaran PEN sudah mendekati 40%.

Peningkatan itu berasal dari realokasi yang dilakukan secara dinamis. Anggaran yang dirasa berlebih dan tidak mungkin terserap di satu program segera direalokasi ke program lain yang tingkat penyerapannya sudah lancar.

"Kita melakukan ini dengan prinsip agar peningkatan serapan semaksimal mungkin, sehingga diharapkan dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, utamanya kelas menengah ke bawah sekaligus juga menjadi penyangga ekonomi nasional," jelas Airlangga.

Sejak digulirkan pada Juni 2020, PEN tingkat penyerapan yang mencapai 40% itu terjadi hanya dalam kurun 3 bulan 3 pekan. "Dengan tingkat penyerapan yang makin cepat ke depan, kami perkirakan bahwa anggaran PEN sebesar Rp695 triliun akan dapat terserap hingga 100%," kata Airlangga.

Tren perbaikan ekonomi itu, lanjut dia, diprediksi terjadi di kuartal ketiga, dibanding capaian kuartal kedua di angka -5.3%. Indikator lain seperti data penjualan, kegiatan manufaktur, perkantoran, hingga kegiatan di pasar, semuanya juga menunjukkan perbaikan sejak Juli lalu. (Mir/A-1)

 

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Kuartal III-2020, Bank Perbaiki Kualitas Aset

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 13:37 WIB
PT Bank Danamon Indonesia Tbk membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) pada kuartal III 2020 sebesar Rp632...
Antara

Petani Sawit Kecil Perlu Pembinaan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 13:21 WIB
Para petani sawit kecil perlu pembinaan dan kesempatan yang sama seperti perusahaan sawit yang...
Ciputra Group

Serah Terima Unit, Pengembang Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

👤Heryadi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 13:12 WIB
Serah terima unit apartemen pengembang di Ciputra Group dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran Pemprov DKI...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya