Jumat 25 September 2020, 18:31 WIB

Pesawat Militer Tiongkok Terobos Wilayah Taiwan Hingga 46 Kali

Faustinus Nua | Internasional
Pesawat Militer Tiongkok Terobos Wilayah Taiwan Hingga 46 Kali

AFP
Ilustrasi pesawat tempur.

 

KEMENTERIAN Pertahanan Taiwan melaporkan militer Tiongkok terus mengeluarkan ancaman.

Tecermin dari pesawat tempur Tiongkok yang tercatat 46 kali menerobos wilayah udara Taiwan. Tindakan itu berlangsung dalam Sembilan hari terakhir.

Otoritas Tiongkok diketahui meningkatkan tekanan terhadap Taiwan, yang dianggap sebagai bagian dari wilayahnya. Sejumlah tindakan provokatif terus dilakukan Tiongkok. Menyusul hubungan Taiwan dan Amerika Serikat (AS) yang semakin mesra.

Baca juga: Latihan Militer Dekat Taiwan, Tiongkok: Untuk Lindungi Kedaulatan

Pada Kamis (24/9) waktu setempat, sebuah pesawat dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dilaporkan melanggar zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada ketinggian 2.300 meter dan 9.000 meter.

Melalui akun Twitter resmi, Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan kecurigaan terhadap pesawat yang menerobos. Mereka juga menyiarkan peringatan radio, menyiagakan pesawat tempur secara acak dan mengerahkan sistem rudal anti-pesawat sebagai tanggapan.

Dengan insiden terbaru, pesawat militer Tiongkok sudah menerobos wilayah udara Taiwan sebanyak 46 kali hingga 24 September. Serangan paling intens terjadi pada akhir pekan lalu. Tepatnya saat Keith Krach, perwakilan otoritas AS, mengunjungi pulau tersebut.

Baca juga: Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mendesak Beijing untuk kembali ke aturan internasional. Apalagi seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok secara terbuka menolak batas laut di Selat Taiwan.

Ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan telah meningkat, sejak Presiden Tsai Ing-wen mengambil alih kekuasaan pada 2016. Hubungan  kembali memburuk sejak Ing-wen terpilih kembali secara mutlak pada awal 2020.(AlJazeera/OL-11)

Baca Juga

Antara/Hendra Nurdiyansyah

Jokowi Dinilai Bisa Bujuk Macron Minta Maaf ke Umat Islam

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 19:01 WIB
Jokowi, katanya, dalam konteks pertemanan dapat menyarankan agar Macron menarik pernyataannya dan meminta maaf kepada umat...
Dok.MI

Jokowi Kecam Sikap Macron yang Hina Islam

👤Andhika prasetyo 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 15:45 WIB
PPRESIDEN Joko Widodo atau biasa dispa Jokowi mengecam keras tindakan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang terang-terangan menghina...
AFP

Lonjakan Covid-19, Pejabat UE Minta Pembatasan yang Lebih Luas

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 14:20 WIB
PEJABAT Uni Eropa (UE) memperingatkan Eropa agar siap untuk pembatasan covid-19 yang lebih luas karena infeksi melonjak di seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya