Jumat 25 September 2020, 16:21 WIB

Tambah RS Rujukan Covid-19, Logistik dan SDM Kesehatan Diperkuat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tambah RS Rujukan Covid-19, Logistik dan SDM Kesehatan Diperkuat

MI/Heri Susetyo
Ilustrasi

 

PEMPROV DKI Jakarta menjamin penguatan logistik kesehatan seiring kebijakan penambahan jumlah RS swasta yang akan menjadi rujukan covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza menyebut penguatan logistik harus dilakukan untuk mendukung perawatan pasien covid-19.

"Tentu kita kuatkan dari mulai ICU, tempat tidur perawatan, APD, masker, obat-obatannya semuanya kita tambah," kata Ariza di Balai Kota, Jumat (25/9).

Selain logistik, politikus Partai Gerindra itu juga menegaskan akan ada upaya penambahan tenaga kesehatan sebelum RS swasta rujukan covid-19 itu resmi disahkan oleh gubernur penugasannya melalui surat keputusan.

Baca juga : 82.114 Orang Terjaring Operasi Yustisi PSBB DKI

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sudah menambah 1.174 tenaga kesehatan kontrak khusus untuk menangani pasien covid-19. Nakes ini direkrut karena Pemprov DKI hendak menambah jumlah tempat tidur perawatan dan ICU sampai 800 unit tempat tidur.

"Ya kita sekarang juga sedang rekrut tenaga kesehatan. Semua kebutuhan kita siapkan," tegasnya.

Ia menegaskan penguatan logistik dan SDM kesehatan ini adalah bentuk antisipasi Pemprov DKI jikalau kasus covid-19 masih terus meningkat di wilayah Ibu Kota.

"Jangan khawatir. Seberapa naiknya kasus kami siap menangani dan sarana akan disiapkan," tegasnya.

Ariza mengatakan dari RSUD ada 13 unit RSUD di DKI yang akan diubah sepenuhnya menangani pasien covid-19. Sementara pada RS swasta sudah ada 26 unit RS swasta yang sepakat untuk menjadi RS rujukan covid-19. Sementara itu, hingga saat ini RS rujukan covid di Jakarta sudah ada 67 RS termasuk RS swasta, RSUD, RS yang dikelola Kementerian Kesehatan, dan milik BUMN.(OL-2)

 

Baca Juga

dok.mi

Angka Kesembuhan Covid-19 di Jakarta Capai 89%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:00 WIB
JUMLAH kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 105.597 kasus, dari jumlah itu sebanyak 94.434  sembuh atau...
Antara

DKI Belum Tahu Kapan KBM Sekolah Dibuka

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 19:45 WIB
PEMPROV DKI Jakarta belum bisa memastikan kapan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dibuka...
Antara/Wahyu Putro A

Jubir Presiden Sebut Ada Peran Jokowi-Ahok di Penghargaan bagi DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
"Akhirnya semua pekerjaan transportasi publik yang dirintis Presiden Jokowi dan Basuki dari MRT Jakarta, LRT Jabodebek, Kereta Api...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya