Jumat 25 September 2020, 13:37 WIB

Kasus Melonjak, Sudah 7 Juta Warga AS Terinfeksi Covid-19

Faustinus Nua | Internasional
Kasus Melonjak, Sudah 7 Juta Warga AS Terinfeksi Covid-19

AFP/Michael M. Santiago
Warga AS berjalan di sekitar Patung Liberty di wilayah New York.

 

JUMLAH kasus positif covid-19 di Amerika Serikat (AS) sudah mencapai 7 juta orang. Data itu sekitar 20% dari total kasus covid-19 global.

Rekor terbaru muncul beberapa hari setelah AS melaporkan lebih dari 200.000 kematian akibat covid-19. Negara itu mencatatkan kasus kematian tertinggi di dunia. Setiap hari, lebih dari 700 orang di Negeri Paman Sam meninggal akibat covid-19.

Semua negara bagian Midwest, kecuali Ohio, melaporkan lebih banyak kasus covid-19 dalam empat minggu terakhir. Adapun wilayah South Dakota dan North Dakota merupakan yang tertinggi.

Baca juga: FDA Perketat Standar Vaksin Covid-19, Trump Geram

South Dakota mengalami peningkatan persentase terbesar hingga 166% dengan 8.129 kasus baru. Kasus covid-19 di North Dakota juga melonjak signifikan. Dari sebelumnya 4.243 kasus pada Agustus, kemudian menjadi 8.752 kasus.

Lonjakan kasus covid-19 di dua negara bagian dikaitkan dengan agenda balap motor di Sturgis, South Dakota, yang setiap tahun menarik ratusan ribu pengunjung.

Otoritas memantau kenaikan kasus positif covid-19 di hampir seluruh negara bagian AS. Bahkan, 10 negara bagian melaporkan rekor peningkatan kasus harian pada September ini.

Baca juga: Tes Covid-19 di India Kurang Akurat, Ahli Kesehatan Khawatir

Lonjakan kasus baru terjadi pekan lalu, setelah sempat turun selama delapan minggu terakhir. Pakar kesehatan meyakini lonjakan kasus covid-19 diakibatkan pembukaan kembali sekolah dan universitas. Serta, berbagai agenda pesta selama liburan Hari Buruh.

Saat ini, AS melaporkan kasus covid-19 tertinggi di dunia, yang diikuti India dengan 5,7 juta kasus positif dan Brasil dengan 4,6 juta kasus positif. Negara itu mencatatkan rata-rata penambahan 40.000 kasus baru per hari.(CNA/OL-11)

 

Baca Juga

AFP/Wang Zhao

Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:20 WIB
Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan Butantan Institute bisa mengimpor 6 juta dosis vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh...
AFP/Angela Weiss

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda yang memiliki asuransi atau...
Dok Ist

Mengenal Dokumen Abu Dhabi dalam Pertemuan JK-Paus Fransiskus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:13 WIB
Dokumen Abu Dhabi ini disebutkan menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya