Jumat 25 September 2020, 13:00 WIB

Anies Diminta Buka Data Covid-19 Tanpa Manipulasi

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Diminta Buka Data Covid-19 Tanpa Manipulasi

AFP/BAY ISMOYO
Keluarga menyaksikan penguburan pasien covid-19 di TPU Pondon Ranggon, Jakarta.

 

PENGAMAT Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuka data kasus covid-19 secara transparan. Pasalnya, ia menilai data kasus covid-19 yang selama ini dibuka belum benar-benar transparan alias masih ada manipulasi data.

“Selama ini kan katanya dinyatakan kasusnya landai. Seperti apa angka-angkanya? Yang ada banyak yang dimanipulasi angkanya. Masyarakat tidak percaya masalahnya,” kritik Trubus kepada Media Indonesia, Jumat (25/9).

Baca juga: Pemakaman Jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Kembali Meroket

Karenanya, ia meminta Pemprov DKI Jakarta membuka data dengan seterbuka mungkin sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Termasuk jika ada pejabat yang terkena covid-19 pun tidak perlu ditutupi. Ini berlaku untuk Pemerintah Pusat juga, menurutnya.

“Dengan angka-angka yang dipublikasikan Pemprov DKI itu, menurut saya, Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat itu bukalah semuanya. Gak usah ditutup-tutupi. Termasuk kalau ada pejabatnya yang tertular kayak Menteri Agama yang langsung membuka diri. Gak usah menutupi. Biar penangannya jelas. Toh orang yang kena covid-10 bukan penyakt aib atau buruk,” ungkapnya.

Menurutnya, penanganan covid-19 itu harus menyeluruh dan optimal. Diperlukan konsistensi dalam melakukan pembenahan dan penanganan kasus. (OL-1)

Baca Juga

 MI/ANDRI WIDIYANTO

#Hidup100 Persen tanpa Narkoba

👤. (Dmr/Ykb/J-1) 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 05:30 WIB
TAGAR Hidup 100 Persen sadar, sehat, produktif, dan bahagia tanpa narkoba terus disuarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mencegah...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Dana PEN untuk Atasi Banjir

👤 (Put/J-1) 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 05:25 WIB
DANA pinjaman program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari PT Sarana Multi Infrastruktur untuk Pemprov DKI Jakarta sebagian sudah cair...
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Depok Siap Simulasi Suntik Vaksin

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:40 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok menggelar rapat simulasi pemberian vaksin korona atau covid-19 di Puskesmas Tapos, Kota Depok,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya