Jumat 25 September 2020, 11:54 WIB

Pemkab Kulonprogo Aktifkan Selter Pasien Covid-19 di Desa-desa

mediaindonesia.com | Nusantara
Pemkab Kulonprogo Aktifkan Selter Pasien Covid-19 di Desa-desa

ANTARA/Sutarmi
Bupati Kulonprogo Sutedjo (kanan) dan Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana saat memantau kepatuhan warga menjalankan protokol kesehatan

 

PEMERINTAH Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menyediakan selter untuk pasien covid-19 di desa-desa. Selter tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan fasilitas isolasi namun tidak bisa ditampung di rumah sakit ataupun rumah singgah milik pemerintah.

Bupati Kulon Progo Sutedjo di Kulonprogo mengatakan sejak akhir Agustus hingga pertengahan September 2020, kasus covid-19 di Kulonprogo meningkat signifikan sehingga rumah sakit rujukan dan rumah singgah tidak mampu menampung pasien tanpa gejala yang membutuhkan fasilitas isolasi.

"Isolasi mandiri di rumah masing-masing dirasa tidak menjamin tidak akan menularkan ke orang lain karena tingkat disiplin, maka dibutuhkan selter untuk mengisolasi mereka sesuai protokol kesehatan yang berlaku," kata Sutedjo.

Mengenai masalah keterbatasan dana pemerintah desa untuk menyediakan selter, Bupati mengatakan pemerintah desa bisa mengatasinya dengan menggalang dukungan warga dalam menyediakan makanan dan minuman bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri di selter.

"Penanganan covid-19 juga harus melibatkan partisipasi publik mengingat ketersediaan anggaran tidak ada," imbuhnya.

Baca juga: Tiga Kecamatan di Kulon Progo Ini Punya Kasus Korona Tertinggi

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan hingga saat ini jumlah pasien covid-19 di Kulonprogo sebanyak 156 orang. Menurut dia, peningkatan kasus covid-19 telah membuat petugas kesehatan menghadapi kesulitan akibat terbatasnya fasilitas isolasi bagi pasien.

Dia menekankan pentingnya disiplin warga menjalankan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan covid-19 serta mengurangi beban fasilitas dan petugas kesehatan dalam menanggulangi penyakit tersebut.(Ant/OL-5)

Baca Juga

Antara

Pertamina Jamin BBM dan LPG di Jateng Sepekan Aman

👤Haryanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:20 WIB
MENJELANG cuti bersama (long weekend) pada 28 Oktober hingga 1 November 2020, PT Pertamina menjamin ketersediaan BBM dan gas melon di Jawa...
ANTARA

Emil: Jabar Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:20 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mneyatakan vaksinasi di Jabar menyasar 36 juta warga rentang usia 18-59 tahun dari total penduduk hampir...
Antara

Ingin Liburan Naik Kereta Baiknya Dirapid Tes Dulu

👤Nurul Hidayah 🕔Senin 26 Oktober 2020, 19:10 WIB
CALON pengguna kereta api di libur panjang akhir bulan ini disarankan untuk melakukan rapid tes sehari sebelum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya