Jumat 25 September 2020, 09:56 WIB

Perlu Dukungan Perangkat Lingkungan Tangani Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
Perlu Dukungan Perangkat Lingkungan Tangani Covid-19

ANTARA/Muhammad Adimaja
Petugas dinas sosial menyiapkan tempat tidur bagi warga yang terkena virus Covid-19 baik Orang Tanpa Gejala atau Dengan Gejala di GOR

 

PENANGANAN covid-19 tidak cukup dari pemerintah tapi perlu ada keikutsertaan masyarakat. Karenanya, dukungan perangkat lingkungan seperti rukun tetangga (RT) ataupun rukun warga (RW) dibutuhkan. 

Kalau perlu, di tingkat RT terdapat wewenang untuk pemberian sanksi sosial kepada warga di sekitarnya. Itu disampaikan Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jhonny Simanjuntak melalui keterangan resminya, Jumat (25/9). 

“Yang namanya ibu PKK Jumantik kenapa tidak digunakan untuk menggerakkan kesadaran masyarakat?” katanya. Ia melihat masyarakat masih tergolong abai terhadap penggunaan protokol kesehatan (Prokes) covid-19 dan bertentangan dengan prinsip 4 M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan sesuai anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO) bersama pemerintah pusat dan daerah.

Ia melihat pemanfaatan sarana dan prasarana umum, seperti gelanggang olahraga remaja (GOR), perlu diperhitungkan lantaran semakin tingginya angka kasus positif penularan covid-19, khususnya di lingkungan masyarakat. Pasalnya, potensi penularan covid-19 jauh lebih berisiko ketika berada di lingkungan masyarakat.

Gubernur Anies Baswedan telah menyampaikan keterisian ruang isolasi dan ruang perawatan intensif (ICU) yang semakin penuh. Padahal WHO telah menyarankan tingkat keterisian tidak lebih dari 60%. Dengan kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 4.812, persentase keterpakaiannya sudah sebesar 81% hingga 23 September 2020. (Hld/OL-14)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Pengawasan Klaster Perkantoran Kendur, Alasannya Lantaran Ada Demo

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 11:04 WIB
Pengawasan itu dilakukan sejak 12 Oktober sampai dengan 26 Oktober lalu. Pengawasan dilakukan dengan melakukan 152 penyidakan...
MI/PIUS ERLANGGA

Perburuan Pelaku Begal Sepeda di Jakpus Terkendala CCTV

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:36 WIB
Kolonel Pangestu Widiatmoko menjadi korban begal saat bersepeda di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Kala itu dia tengah menuju...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Hari Pertama Libur Panjang, Penumpang di Soetta Tembus 61 Ribu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:30 WIB
Jumlah penumpang tersebut menjadi yang tertinggi selama pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya