Jumat 25 September 2020, 08:06 WIB

Tiongkok Serang AS di Pertemuan DK PBB

Faustinus Nua | Internasional
Tiongkok Serang AS di Pertemuan DK PBB

AFP/ Eduardo Munoz Alvarez/Getty Images
Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun.

 

TIONGKOK, Kamis (24/9), mengecam Amerika Serikat (AS) dalam pertemuan tingkat tinggi Dewan Keamanan PBB terkait kritik Washington terhadap penanganan covid-19 Beijing.

"Saya harus mengatakan, cukup sudah cukup! Anda telah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia," kata Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun.

Dia mengkritik keras peran AS dalam urusan global. Pasalnya, Washington telah berulang kali menyerang Tiongkok dan beberapa hari yang lalu Presiden Donald Trump kembali menuduh Tiongkok atas merebaknya pandemi di dunia.

Baca juga: PBB Khawatir Penanganan Iklim Sama Buruknya dengan Covid-19

"AS memiliki hampir 7 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 200.000 kematian saat ini. Dengan teknologi dan sistem medis paling canggih di dunia, mengapa AS memiliki kasus dan kematian yang paling banyak dikonfirmasi?" tanya Zhang.

"Jika seseorang harus dimintai pertanggungjawaban, itu pasti beberapa politisi AS sendiri. AS harus memahami bahwa kekuatan besar harus berperilaku seperti kekuatan besar," lanjutnya.

Dia kemudian menambahkan bahwa AS benar-benar terisolasi dalam sambutan yang didukung dengan antusias oleh mitranya dari Rusia. Langkah-langkah Washington justru membuat negara itu sulit mendapat dukungan internasional.

Sementara itu, Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft menyuarakan kemarahan atas nada tersebut.

"Malu pada diri kalian masing-masing. Saya heran dan saya muak dengan isi diskusi hari ini," kata Craft.

"Saya sebenarnya sangat malu dengan Dewan ini, anggota Dewan yang mengambil kesempatan ini untuk fokus pada dendam politik daripada kritik," pungkasnya. (CNA/OL-1)

Baca Juga

Dok.Istana Kepresidenan

Politik Luar Negeri yang Konsisten Sebabkan RI Mitra Penting AS

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:50 WIB
MENGHADAPI tantangan stabilitas dan keamanan baik di kawasan maupun global yang terus meningkat, Indonesia tetap konsisten untuk...
AFP/Manjunath Kiran

Susul AS, Kasus Covid-19 di India Tembus 8 Juta Orang

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:47 WIB
Meski kasus positif sangat tinggi, namun tingkat kasus kematian akibat covid-19 di India relatif rendah. Sampai saat ini, jumlah kasus...
AFP/Atta Kenare

Tolak Sikap Macron, Mahasiswa Iran Demo di Kedubes Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:46 WIB
Demonstran membawa poster dan spanduk bertuliskan pesan tegas, yang menentang pernyataan kontroversial dari Presiden Prancis Emmanuel...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya