Jumat 25 September 2020, 06:32 WIB

Sambut Wisata Premium, Super Wifi Dibangun di Labuan Bajo

John Lewar | Nusantara
Sambut Wisata Premium, Super Wifi Dibangun di Labuan Bajo

MI/JOHN LEWAR
Seorang warga berada di perbukitan kawasan wisata Labuan Bajo di Desa Golo Mori Tanah Naga, Manggarai Barat, NTT.

 

SUPER Wifi dibangun di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mendukung kemajuan pariwisata super premium. Super wifi itu bisa digunakan baik untuk kebutuhan akses informasi semua kalangan, termasuk dunia pendidikan, dan bisa melakukan transaksi elektronik.

"Sebanyak 23 spot (pilot projek). Ini merupakan super wifi pertama di Indonesia dengan jangkauan radius mencapai 500 meter. Sebanyak 20 di antaranya sudah aktif dan 3 sedang dipasang," ungkap Menteri Komunikasi dan Informasi Johny G Plate, Kamis (24/9) saat melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo.

Dalam kunjungan itu, Johnny didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Baca juga: Kota Pariaman Terus Berbenah Maksimalkan Sektor Pariwisata

Menkominfo mengungkapkan fasilitas super wifi di Labuan Bajo diharapkan dapat membantu masyarakat yang masih kesulitan mengakses
informasi melalui jaringan internet.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan peninjauan di salah satu titik super wifi di halaman Masjid Nurul Huda Gorontalo di Labuan Bajo.

"Super wifi ini tentunya kita harapkan juga akan mendukung pariwisata super pemium di sini (Labuan Bajo) yang menjadi bagian penting dalam menunjang pariwisata di NTT," ujarnya.

Menurut Johnny, super wifi yang dibangun di Labuan Bajo ada 23 titik. Ini merupakan super wifi pertama di Indonesia dengan jangkauan radius mencapai 500 meter.

"Jika sukses, kita akan bangun di daerah lainnya. Super wifi ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan
ekonomi, sosial, politik dan pertahanan," katanya.

"Walaupun dalam keadaan pandemi covid-19, kita terus mendorong akselerasi dan transformasi digital. Hal ini wujud dari bagaimana sektor
informasi dan komunikasi yang bertumbuh positif di saat sektor-sektor lain mengalami kontraksi atau pertumbuhannya negatif. Di kuartal 1, pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi yaitu 9,06% dan di kuartal ke 2 naik 2 digit jadi 10,88%. Di saat yang sama hanya ada 1 sektor lainnya yang masihpositif yaitu sektor pertanian dengan tantangan yang begitu besar," jelas Menteri Kominfo RI.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT, dalam kunjungan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI yang begitu peduli membangun Labuan Bajo pascaditetapkan sebagai destinasi wisata super premium diikuti dengan super wifi.

"Saya, bersama Pak Gubernur, menyampaikan terima kasih kepada bapak Presiden RI yang sudah melihat NTT secara komprehensif dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dan saat ini juga apresiasi kepada Pak Menteri yang menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan membangun super wifi di Labuan Bajo," ujar Wagub. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Satgas Covid-19 Mebidang Tetap Gencarkan Razia Prokes

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 14:10 WIB
Satgas Covid Mebidang sempat mengalami serangan fisik secara brutal oleh kelompok preman saat merazia sebuah tempat usaha di Komplek Brayan...
DOK MI

Sudah 599 Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid-19 di Gowa

👤Lina Herlina 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:56 WIB
Kota Makassar sebagai episentrum Covid-19 di Sulsel sudah tercatat masuk zona...
DOK MI

Bawaslu Bangka Belum Temukan Pelanggaran ASN

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:41 WIB
Belum ditemukan adanya aparatur sipil negara di Bangka Barat yang terlibat dalam kampanye pasangan calon dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya