Jumat 25 September 2020, 05:50 WIB

Belajar Persatuan di Kampung Pancasila

RO/H-2 | Humaniora
Belajar Persatuan di Kampung Pancasila

MI/YAKUB
Pura dan masjid berdiri berdampingan di Desa Balun, Lamongan, Jawa Timur.

 

SEBELUM tahun 1965, mayo­ritas masyarakat Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, beragama Islam. Pasca-Tragedi 1965,  muncullah agama Kristen dan Hindu di desa itu.

Hingga kini masyarakat di kawasan tersebut mampu hidup dengan toleransi yang begitu besar. Tempat-tempat ibadah saling berdekatan menunjukkan tingginya toleransi di wilayah tersebut.

“Di Desa Balun ini Islam ada sekitar 79%, Kristen sekitar 15% dan sisanya Hindu. Karena sekarang banyak agama selain Islam, kami sepakat membuatkan tempat ibadah dengan menggunakan tanah aset desa,” ujar Suwito selaku tokoh masyarakat Desa Balun.

Meskipun berbeda agama, mereka tetap berada dalam keharmonisan satu dan lainnya. Selain itu tak jarang pula setiap keluarga ada memiliki keyakinan berbeda. Namun, perbedaan itu tidak membuat mereka memutuskan tali silaturahim.

“Saya ada empat saudara. Kakak saya yang paling tua beragama nasrani, kakak kedua beragama Islam, terus kakak saya ketiga beragama Hindu, dan saya sendiri beragama Hindu,” ungkap Tandi, pemangku adat Hindu Desa Balun.

Jika ada warga yang meninggal, tutur Tandi, apa pun agamanya, seluruh warga pasti berduyun-duyun melayat. “Di sini permakaman Islam, Hindu berada di satu tempat. Tak jarang juga ada warga Kristen yang meninggal minta dimakamkan di tempat yang sama.”

Apa yang terjadi di Desa Balun menjadi bukti bahwa Indonesia masih menjadi negara dengan tingkat kesadaran beragama yang tinggi antarwarganya.

Kisah lengkap mengenai masyarakat Balun dalam menjaga toleransi dapat dilihat dalam program Melihat Indonesia berjudul Kidung Doa Desa Pancasila, Minggu, 27 September 2020 pukul 10.30 WIB di Metro TV. (RO/H-2)

Baca Juga

Dok MI

Pandemi, Biro Perjalanan Daring Ini Merilis Travel Protection

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 23:50 WIB
Minat untuk berwisata terlihat meningkat seiring pemberlakuan normal baru dilihat dari angka pemesanan tiket...
MI/RAMDANI

250 Menu Nasi Ditawarkan saat Festival Nasi Online

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:35 WIB
Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya mendukung Pemerintah dalam memulihkan roda perekonomian...
DOK Sinarmas

Saleh Husin Kedatangan Tamu Istimewa Arief Yahya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 20:15 WIB
Saleh Husin merupakan sahabat Arief Yahya dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya