Jumat 25 September 2020, 00:35 WIB

Kementrian ATR Berhasil Daftarkan 24 Juta Bidang Tanah

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kementrian ATR Berhasil Daftarkan 24 Juta Bidang Tanah

Antara/Asep Fathulrahman
Warga Serang mendapatkan sertifikat tanah dari program PTSL

 

KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah berhasil mendaftarkan lebih dari 24 juta bidang tanah. Hal itu disampaikan Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil dalam peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2020, Jakarta, Kamis (24/9).

"Melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 24 juta terdaftar. Itu melebihi separuh produk selama 56 tahun sejak UUPA lahir (44 Juta bidang). Diharapkan tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah didaftar," jelas Sofyan dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (24/9).

Selain PTSL, Kementerian ATR bakal berfokus pada pelaksanaan Reforma Agraria. Sofyan juga mengatakan bahwa program ini terus dipantau oleh Presiden Joko Widodo.

"Presiden juga mengamanatkan agar mempercepat pergerakan ekonomi dengan mempermudah dan mempercepat pelaksanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," jelas Sofyan.

Baca juga : Ini Bentuk Insentif Bagi Investor di Kawasan Ekonomi Khusus

"Saat ini pembangunan infrastruktur terus berjalan. Pengadaan tanah yang kita lakukan sudah bagus. Hasil dari pengadaan tanah yang kita lakukan sudah banyak terlihat mulai dari jalan tol, waduk, kawasan ekonomi eksklusif serta pelabuhan," ujar Menteri ATR.

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar semua pelayanan publik dapat mengandalkan teknologi. Hal ini diwujudkan melalui pemberlakuan Hak Tanggungan Elektronik (HT-El) secara nasional pada tanggal 8 Juli 2020.

"Di tata ruang, kita punya Gistaru dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) pada Online Single Submission (OSS). Layanan peta digital RDTR pada OSS ini sudah mendapat praktik baik peta digital dari KPK," ujar Sofyan. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Raisan Al-Farisi

UU Cipta Kerja Buka Ruang Konsolidasi Data Tunggal KUMKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:17 WIB
UU Cipta Kerja dibuat dengan tujuan untuk menjawab masalah-masalah utama yang dihadapi oleh UMKM dan koperasi yang sebelumnya menyebabkan...
Dok UResort

Bidik Mahasiswa, Apartemen Ini Sesuaikan Kebutuhan Kampus

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:15 WIB
Hunian yang membidik pasar mahasiswa sekarang ini tidak cukup sekadar dekat dengan kampus, tapi juga harus menunjang kegiatan...
MI/Bagus Suryo

Ida Fauziyah jadi Ketua Menaker ASEAN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:09 WIB
Ida langsung memimpin pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN tersebut usai serah terima jabatan dari Tuan Haji Awang selaku Ketua periode...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya