Jumat 25 September 2020, 02:55 WIB

Olimpiade tidak Tunggu Kehadiran Vaksin

MI | Olahraga
Olimpiade tidak Tunggu Kehadiran Vaksin

AFP
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach (dalam layar televisi), berbicara terkait penyelenggaraan Olimpiade 2020

PRESIDEN Komite Olimpiade International (IOC) Thomas Bach mengungkapkan Olimpiade 2020 akan tetap berlangsung tahun depan, bahkan meski vaksin covid-19 belum juga ditemukan.

Dengan nada optimistis seusai melakukan pertemuan dengan panitia penyelenggara Olimpiade 2020 (Tokyo 2020), ia berjanji akan membuat acara yang harusnya digelar tahun ini, menjadi kebangkitan olahraga dunia, meskipun di tengah ketidakpastian pandemi covid-19.

“Kita bisa melihat olahraga kembali perlahan tapi pasti, dan sejumlah acara olahraga besar telah sukses diselenggarakan baru-baru ini, termasuk pertandingan di berbagai liga Jepang,” kata Bach.

“Juga acara yang sangat kompleks seperti Tour de France dan lainnya, yang menunjukkan kepada kami dan menunjukkan kepada dunia bahwa kami dapat menyelenggarakan acara olahraga yang aman bahkan tanpa vaksin,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia tetap berharap agar vaksi dapat segera ditemukan sebelum Olimpiade dimulai. “Tentu saja itu akan sangat memudahkan (bila ditemukan vaksin),” tuturnya.

Bach menambahkan, saat ini seluruh pihak masih bekerja demi kelancaran penyelenggaraan Olimpiade dan semuanya harus dikerjakan dengan hati-hati.

“Kami harus bekerja dengan rajin dan kami harus bekerja secara komprehensif. Lalu pada waktu yang tepat, kami akan mengambil keputusan yang tepat,” katanya.

“Saya yakin kami akan membuat Olimpiade ini menjadi Olimpiade yang bersejarah. Kami akan membuatnya sukses dan kami akan membuatnya sukses bersama,” tukasnya.

IOC sekarang telah menjadwal ulang penyelenggaraan Olimpiade pada 23 Juli 2021. Tokyo 2020 bersikeras akan tetap  menyelenggarakannya di tahun depan dengan segala upaya yang mereka miliki.

Termasuk membuat protokol kesehatan untuk memberikan rasa aman dari covid-19 bagi semua yang terlibat. Dari Tanah Air, ada enam petinju yang terus mematangkan persiapan untuk bertarung di Kejuaraan Tinju Dunia di Paris, Prancis pada Mei 2021 yang sekaligus merupakan babak kualifi kasi terakhir menuju Olimpiade.

Keenam petinju tersebut, antara lain Aldom Sugoro (kelas terbang), Gill Mandagi (kelas bantam), Luki Hary (kelas bantam), Faran Papendang (kelas welter ringan), Mikhail Puspita (kelas menengah), Silva Ratuliu (kelas bulu), dan Ruswatun (kelas ringan).

Pelatih pelatnas tinju Hermensen Ballo mengatakan keenam anak asuhnya itu tengah menjalani latihan di HS Boxing Camp Ciseeng Bogor, Jawa Barat. (Rif/AFP/Ant/R-3)

Baca Juga

AFP/Bernardo Montoya

Carol, Sosok Pelatih Cerdas

👤Ant/R-2 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:36 WIB
Mantan pelatih tinju nasional Carol Renwarin meninggal dunia akibat serangan jantung di RS Jayapura, Papua,...
 JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP/Medcom.id

Nakagami Raih Pole Pertama

👤AFP/Autosport.com/Dro/R-2 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:24 WIB
Pembalap Jepang Takaaki Nakagami tampil mengejutkan untuk meraih pole atau posisi start terdepan pertama kali sepanjang kariernya di ajang...
Dok. Pribadi

Ketua BPK Dapat Dukungan Mayoritas Pengprov PBSI

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:49 WIB
“Kami melihat ada kesinambungan jika tongkat kepemimpinan dari Pak Wiranto diteruskan kepada Pak Agung Firman," kata Abdullah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya