Kamis 24 September 2020, 12:15 WIB

Penting, Memperhatikan Kondisi di Sekitar Jelang Musim Hujan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Penting, Memperhatikan Kondisi di Sekitar Jelang Musim Hujan

MI/Dwi Apriani
Penting memperhatikan kondisi rumah jelang musim hujan.

 

MUSIM hujan memang ibarat dua sisi mata uang. Kehadirannya kerap dinanti oleh sebagian orang untuk mengatasi kekeringan ataupun untuk menyuburkan tanaman, terutama bagi para petani di desa-desa.

Di sisi lain, kedatangan musim hujan juga kerap memunculkan perasaan was-was. Sebab pada musim inilah, kerap terjadi bencana seperti kebanjiran, tanah longsor, banjir bandang, dan sebagainya. Terutama bagi wilayah perkotaan, hujan kerap menimbulkan genangan dan banjir. Untuk itu yang paling adalah kita harus menyiapkan segala sesuatunya jelang musim hujan.

Baca juga: Banjir Bandang masih Bisa Datang

Selama pandemi covid-19 ini, sebagian dari kita harus tetap di rumah demi menekan angka penularan virus. Untuk jelang musim ini, tidak ada salahnya kita memperhatikan kondisi lingkungan sekitar seperti got, saluran air. Juga rumah tinggal seperti atap ataupun tembok. Jangan sampai ketika hujan datang, rumah bocor.

Menurut General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia, Antony Kostka, bagian-bagian rumah yang rawan mengalami bocor dan rembes adalah atap dan dinding. "Jika itu terjadi di rumah Anda, pertama-tama lakukan pengecekan. Apakah dinding rumah anda rembes atau titik bocor dan rembesnya tidak terlihat karena satu dinding dengan tetangga? Selain itu, bocor di rumah Anda bisa berasal dari sudut atap beton akibat genangan air," ujarnya.

Menurut dia, setelah melakukan pengecekan sumber rembes dan bocor, tangani juga dengan waterproofing atau cat pelapis anti bocor yang tepat. Aquaproof sebagai pelopor cat pelapis anti bocor di Indonesia. Aquaproof merupakan 100% produk Indonesia yang dibuat menyesuaikan kondisi iklim Indonesia. Aquaproof kini menghadirkan juga Aquaproof Pro.

"Keduanya dapat sekaligus digunakan melindungi rumah sesuai fungsinya. Aquaproof yang tersedia dalam 24 varian warna berfungsi optimal menahan air dengan diaplikasikan pada bidang yang terlewati air seperti dinding luar rumah, wuwungan, atau atap asbes. Sedangkan cat pelapis anti bocor yang tepat untuk atap beton yang rawan genangan air adalah Aquaproof Pro," tegasnya. (RO/A-1)

 

Baca Juga

Istimewa

Kalsel Raih Tiga Emas LKS SMK XXVIII

👤Denny Susanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 10:48 WIB
Kalsel sendiri berada di peringkat 5 dari 34 provinsi peserta LKS SMK Tingkat Nasional ke XXVIII tahun...
MI/Lilik Darmawan

Empat Posko Disiapkan Antisipasi Klaster Liburan Panjang

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 26 Oktober 2020, 10:33 WIB
Ada empat titik yang nantinya dijadikan lokasi posko menghadapi liburan panjang di Banyumas, yakni di perbatasan seperti Pekuncen,...
Ilustrasi

Ketua IDI Kalbar Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 09:59 WIB
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Kalimantan Barat dr Rifka MM menjalani isolasi mandiri karena dikonfirmasi positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya