Kamis 24 September 2020, 15:38 WIB

Korut Tembak Mati Warga Korsel di Perbatasan

Faustinus Nua | Internasional
Korut Tembak Mati Warga Korsel di Perbatasan

AFP
Potret wilayah perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

 

KEMENTERIAN Pertahanan Korea Selatan melaporkan bahwa pasukan Korea Utara telah menembak mati seorang pegawai perikanan asal Korea Selatan.

Pria berusia 47 tahun itu berada di atas kapal dekat pulau perbatasan barat Yeonpyeong. Dari analisis data intelijen, militer Korea Selatan pun menemukan keterlibatan Korea Utara. Sebelumnya, korban dilaporkan hilang dari kapal patroli dan berakhir di perairan Pyongyang.

"Kami mengonfirmasi bahwa Korea Utara menembaki seorang warga Korea Selatan, yang ditemukan di laut utara dan mengkremasi jasadnya," bunyi pernyataan otoritas Korea Selatan.S

Baca juga: Korut Perintahkan Tembak Mati untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

"Kami dengan tegas memperingatkan Korea Utara untuk bertanggung jawab atas insiden ini," lanjut pernyataan tersebut.

Sejauh ini, belum dijelaskan bagaimana proses penemuan korban. Namun, laporan sebelumnya menyebut sepatu korban ditemukan di atas kapal patroli, yang mengarah ke spekulasi korban berupaya membelot.

Pun, tidak diketahui alasan pasti mengapa korban ditembak pihak Korea Utara. Diketahui, pasukan Korea Utara bertindak tegas terkait pembatasan covid-19.

Seorang pembelot Korea Utara yang melarikan diri ke Korea Selatan tiga tahun lalu, kembali menyelinap ke perbatasan yang dijaga ketat. Kedatangannya mendorong otoritas Korea Utara untuk mengunci wilayah perbatasan Kaesong. Sebab, khawatir terhadap penyebaran virus mematikan.

Baca juga: 70 Tahun Perang Korea, Korsel-AS Perkuat Komitmen Perdamaian

Komandan Pasukan AS di Korea Robert Abrams menyatakan otoritas Korea Utara telah mengeluarkan perintah tembak mati bagi suspect covid-19. Pasukan keamanan Korea Utara pun berjaga ketat di wilayah perbatasan dengan Tiongkok dan Korea Selatan.

Korea Utara yang mengisolasi diri, sistem kesehatannya tergolong rentan jika wabah covid-19 menyebar luas. Namun, otoritas enggan menginformasikan jumlah kasus covid-19 di Korea Utara.(CNA/OL-11)

Baca Juga

Dok. Istana Kepresidenan

AS Nilai Indonesia Punya Peran Vital di Asia Tenggara

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:36 WIB
Sehingga, AS ingin memiliki hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia di masa mendatang. Komitmen itu ditegaskan Menlu AS Mike Pompeo saat...
Dok. Kemenlu RI

Indonesia-AS Perkuat Kerja Sama di Masa Pandemi

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 13:53 WIB
Kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama yang bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi. Adapun kerja sama menyasar berbagai sektor,...
Antara

Pompeo Puji Sikap Indonesia Hadapi Klaim Tiongkok di LCS

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 13:30 WIB
MENLU AS AS Mike Pompeo mengapresiasi sikap tegas Indonesia dalam menghadapi tekanan Beijing atas klaimnya terhadap Laut Cina Selatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya