Kamis 24 September 2020, 10:05 WIB

Ancaman Pandemi, Siapkan Padi Nutri Zinc untuk Antisipasi Stunting

Lilik Darmawan | Nusantara
Ancaman Pandemi, Siapkan Padi Nutri Zinc untuk Antisipasi Stunting

MI/Lilik Darmawan
Ketua Gapoktan Sumber Rejeki Waluyo dengan benih padi Nutri Zinc

 

DI sebuah gudang yang merupakan sekretariat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Rejeki di Desa Mernek, Kecamatan Maos, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), sejumlah pria tengah mengecek karung-karung berisi gabah kering. Padi yang hasil panenan yang dimiliki Gapoktan setempat, bukanlah untuk dikonsumsi. Gabah yang telah kering itu akan dijadikan benih untuk disebar tak hanya di Cilacap melainkan daerah lain.

Selama ini, Gapoktan Sumber Rejeki telah berpengalaman dalam memperbanyak benih padi dengan varietas unggul. Misalnya Inpari 32, Inpari 42, Ciherang, bahkan Inpari IR Nutri Zinc. Berbagai varietas tersebut telah dicobakan dan berhasil. Bahkan, salah satu benih padi varietas Inpari 32 telah memiliki brand yakni Merlita. Benih dengan nama pasar Merlita merupakan hasil kerja sama dengan Pertamina Marketing Operation (MOR) IV Jateng-DIY. 

"Produk benih Merlita mampu menembus pasar. Dari seluruh penjualan benih, mampu menghasilkan Rp720 juta setiap musim tanam," jelas Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Waluyo, kepada Media Indonesia, Rabu (23/9).

Dengan pengalamannya yang berhasil memproduksi benih padi, maka tahun ini Gapoktan tersebut dipercaya untuk memperbanyak benih padi Nutri Zinc. Padi ini istimewa, karena disebut sebagai padi anti-stunting oleh Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Balitbang Kementan. Dalam situs resminya, BB Padi menyebut bahwa Inpari IR Nutri Zinc mulai dilepas ke pasar pada 2019 silam. Padi Nutri Zinc disebut sebagai padi anti-stunting, karena memiliki kladar Zinc (Zn) yang tinggi, yakni 
mencapai 29,54 ppm bahkan bisa 34,51 ppm.

"Tahun ini, kami dipercaya untuk menanam benih padi Nutri Zinc dengan luasan hingga 200 hektare (ha). Sebetulnya, jika di Desa Mernek semuanya bisa saja, karena luasan total sawah di desa ini mencapai 225 ha. Di sinilah, kami meminta Pertamina untuk terus ikut serta melakukan pendampingan. Kami tidak meminta fasilitas fisik, karena semuanya telah ada. Yang kami minta adalah permohonan untuk terus meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) petani di Mernek. Pendampingan sangat penting demi lancarnya penanaman benih padi unggul ini," kata Waluyo.

Ia optimistis akan mampu dan sukses untuk tanam padi Nutri Zinc. Sebab Gapoktan telah berpengalaman menanam padi Nutri Zinc yang kemudian dilepas ke pasaran. Gapoktan Sumber Rejeki ditunjuk sebagai kelompok yang diminta oleh Dinas Pertanian Cilacap untuk menanam Nutri Zinc. Dinas telah ditunjuk Kementan untuk mengembangkan benih padi unggul tersebut. 

"Dalam praktiknya, kami memulai tanam Oktober 2018 dan panen pada Januari 2019, luasannya 3 ha," terang Waluyo.

Dari 3 ha luas sawah yang ditanami Nutri Zinc, menghasilkan gabah untuk benih seberat 16,5 ton atau rata-rata 5 ton lebih. Padi yang kemudian dijadikan benih tersebut dikemas untuk didistribusikan ke Cilacap, Pati dan Pemalang. Di masing-masing kecamatan dicobakan ditanam oleh para petani setempat. 

"Oleh karena itu, kami siap untuk menanam Nutri Zinc yang dimulai Oktober mendatang. Kami merencanakan bisa ditanam di Mernek semua. Namun hal itu harus melakukan pendekatan kepada petani. Jika tidak sampai 200 ha, setidaknya 100 ha sawah dapat dijadikan lokasi penanaman Nutri Zinc," tambahnya. 

Sebetulnya, dengan menanam Nutri Zinc, pendapatan akan lebih besar jika dibandingkan dengan menanam padi untuk konsumsi. Tetapi, hal itu harus disosialisasikan kepada petani agar mereka mengetahui. 

"Inilah mengapa, kami akan bekerja sama dengan Pertamina, sehingga para petani akan mendapatkan edukasi dan wawasan sehingga mereka mau untuk menanamnya juga,"  lanjutnya.

Segala hal yang dipersiapkan oleh Waluyo dan kawan petani lain merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi kemungkinan meningkatnya kasus stunting pada saat dan pascapandemi. Pasalnya, PBB mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 berpotensi menyebabkan 7 juta anak mengalami stunting akibat kekurangan gizi. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak baik pertumbuhan tubuh maupun otak akibat kekurangan gizi. Dengan pengembangkan padi Nutri Zinc yang memiliki kandungan Zn tinggi, maka akan mencegah stunting.

Menurutnya, setelah panen yang dijadikan benih padi, akan langsung disebar ke sejumlah daerah di Indonesia. 

"Kami memang hanya menanam dan hasil panenan dijadikan benih. Untuk penyalurannya, sudah bukan kami lagi, karena sudah bukan tugas Gapoktan lagi," ujarnya.

Kepala Desa Mernek Bustanul Arifin memberikan dukungan kepada Gapoktan Sri Rejeki yang telah terbukti sukses dalam menangkarkan benih padi. 

"Kami telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Desa untuk mendukung peningkatan produksi benih Merlita. Selain itu, SK lainnya adalah pemanfaatan pupuk organik Si Mantap," jelas Bustanul Arifin. 

Ia menerangkan pihaknya terus mendorong pemakaian pupuk organik karena Desa Mernek merupakan desa pro lingkungan. 

"Produksi pupuk organik merupakan salah satu implementasi sebagai Kampung Iklim atau Desa Proklim. Sejak tahun 2018, kami bergerak bersama menjadikan Mernek sebagai Desa Proklim. Oleh karena itu, program-programnya mengacu pada kelestarian lingkungan. Dengan produksi pupuk organik, maka akan membuat kondisi tanah lebih baik kualitasnya. Di sisi lain, kami juga mendorong adanya ketahanan pangan dengan menanami pekarangan masing-masing," ungkapnya.

Saat sekarang, kata Kades, ada empat lokasi integrated farming yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan menggabungkan antara budidaya sayuran, ayam, lele, dan magot. Meski tempatnya sempit, hanya 70 meter persegi (m2) tetapi mampu mendatangkan pendapatan dari produksi sayuran organik, telur dan lele. Selain itu, ada 1.717 keluarga yang ada di desa setempat mengembangkan di rumahnya masing-masing. Setidaknya adalah sayur-sayuran.

Sementara Unit Manager Communication Relations and CSR Pertamina Marketing Operation (MOR) IV Jateng-DIY Anna Yudhiastuti mengatakan bahwa Pertamina membina Gapoktan Sumber Rejeki yang kini beranggotakan 45 petani. Lahan garapannya mencapai 35,65 ha yang menjadi areal produktif.

"Sebelumnya, petani hanya berorientasi pada penjualan padi konsumsi. Tetapi kemudian, dengan adanya pembinaan, maka muncul kesadaran untuk memproduksi benih. Kami terus mendorong agar sebagian lahan pertaniannya dijadikan areal produksi benih padi. Sehingga menjadi alternatif pendapatan dan mampu meningkatkan hasil penjualan," ujarnya.

baca juga:Bulog Bangun Tiga Pabrik Pengolahan Hasil Pertanian di NTB

Anna mengatakan Gapoktan Sumber Rejeki telah mampu memproduksi 60 ton benih padi dengan nilai hingga Rp720 juta. Keuntungan yang diperoleh mencapai 25% dari produksi padi konsumsi. “Selain memproduksi benih padi dengan  merek Merlita, kerja sama dengan Pertamina juga memproduksi pupuk organik Si Mantap. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia," terang Anna. 

Kini, Gapoktan Sumber Rejeki siap berkiprah lagi untuk memproduksi benih padi yang kaya Zinc untuk antisipasi stunting, terutama pada saat dan pascapandemi nantinya. Gapoktan sipa bergerak dan meminta bantuan Pertamina untuk terus memberikan pendampingan. (OL-3)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Muncul Klaster Asrama di Kota Sorong

👤Martinus Solo 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 12:13 WIB
Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Kota Sorong melaporkan ditemukan 57 mahasiswa yang tinggal di sebuah asrama positif...
MI/Rudi Kurniawansyah

Di Tengah Pandemi, Petani Kuantan Singingi Panen Raya Padi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 12:04 WIB
Panen raya dilaksanakan pada lokasi PMI Gunung Toar, di atas hamparan sawah seluas 136...
MI/Heri Susetyo

Menunggu Sedekah Bumi, Petani Belum Mulai Masa Tanam

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:54 WIB
Petani di Kabupaten Indramayu belum juga melakukan musim tanam karena mereka masih menunggu upacara adat sedekah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya