Kamis 24 September 2020, 07:41 WIB

Puan dan Jokowi Kompak Serukan Kerja Sama Global Hadapi Pandemi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Puan dan Jokowi Kompak Serukan Kerja Sama Global Hadapi Pandemi

DOK DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani

 

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan gotong-royong skala global sangat penting dilakukan dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal itu disampaikan Puan menanggapi pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Dalam pidato yang disampaikan secara virtual, Presiden Joko Widodo mengatakan kerja sama global di bidang kesehatan harus diperkuat untuk menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu, Jokowi juga meminta semua negara berkolaborasi menghadapi pandemi dan tidak memunculkan rivalitas.

“Kita harus ingat, tidak ada negara yang bisa mencapai keberlanjutan dengan cara bekerja sendiri, tidak ada pemerintah yang dapat berjalan sendiri, tidak ada orang yang dapat melakukannya sendiri,” kata Puan, saat menyampaikan sambutan dalam acara Trilogue Tsinghua Southeast Asia Center Cloud Forum Perayaan 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Tiongkok, di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Puan mengungkapkan, DPR RI selalu menyuarakan persatuan dan mengajak gotong-royong skala global dalam forum-forum internasional seperti yang disampaikannya dalam acara Di IPU Women Speakers Summit, Speakers Fifth World Conference, ASEAN Leaders Interface With AIPA Leaders, ASEAN Inter-Parliamentary Assembly.

Dalam Peresmian Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) dengan Parlemen Negara Sahabat beberapa bulan lalu, Puan menyampaikan bahwa Presiden pertama Indonesia, Sukarno, sejak tahun 1945 sudah pernah mengatakan bahwa, “Kita bukan saja harus mendirikan negara Indonesia merdeka, tetapi kita harus menuju pula kepada kekeluargaan bangsa-bangsa.”

“Semangat kekeluargaan bangsa-bangsa itulah yang menggerakkan Indonesia untuk semakin aktif dalam diplomasi menjalin persahabatan dengan banyak Negara,” ucap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Politisi PDI Perjuangan itu menyatakan bahwa DPR RI ingin terlibat aktif dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara sahabat, meningkatkan kesepahaman akan isu-isu global, menghasilkan terobosan atau inovasi yang memecahkan tantangan-tantangan baru di dunia, serta membangun trust dan mutual understanding antarparlemen dan negara Indonesia dengan parlemen dan negara-negara sahabat.

“Saya percaya, semangat gotong-royong perlu diterapkan secara global untuk mencapai tujuan bersama kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik,” ujar Puan. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Yoseph Pencawan

Lagu Ampun Bang Jago Menginspirasi Bobby Nasution

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 23:14 WIB
Bobby meminta agar makna lagu tersebut menginspirasi para pendukungnya untuk tidak membalas fitnah atau tuduhan...
ANTARA

Inpres Nomor 9/2020 Bukti Komitmen Jokowi untuk Papua

👤Widhoroso 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:50 WIB
Ada empat hal yang harus diperbaiki untuk lebih meningkatkan lagi dampak positif Otsus di...
DOK MI

Birokrasi Rumit Sebabkan Rasuah Dana Transfer Daerah

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 18:20 WIB
Untuk menangani sengkarut sistem penganggaran ini, pemerintah pusat disarankan memperbaiki aturannya. Penyederhanaan birokrasi menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya