Kamis 24 September 2020, 06:15 WIB

Waspadai Hujan Badai Menerjang

Benny Bastiandy | Nusantara
Waspadai Hujan Badai Menerjang

MI/BENNY BASTYANDI
BANTU EVAKUASI: Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) membantu warga membersihkan puing- puing dan material banjir di Kampung Cibuntu,

 

SETELAH banjir bandang menghanyutkan sejumlah warga, merusak puluhan rumah, dan menyeret beberapa kendaraan di Kabupaten Sukabumi, kini hujan badai melanda beberapa daerah.

Kemarin sore, hujan deras disertai badai menumbangkan sejumlah pohon di Kota Sukabumi. Pohon tumbang di Jalan Kenari, Kecamatan Cikole, jatuh melintang ke badan jalan sehingga menutup lalu lintas.

Di ruas Jalan Selakaso, sebuah mobil minibus yang sedang melintas rusak tertimpa pohon, begitu juga di kawasan RSUD R Syamsudin SH, menimpa kendaraan.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau beberapa lokasi pohon tumbang. "Saya langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar bersiap siaga. Semua camat dan lurah juga diminta mewaspadai potensi bencana saat cuaca ekstrem. Langkah ini saya lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi," tukas Fahmi di lokasi pohon tumbang Jalan Kenari, Rabu (23/9).

Fami bersiaga karena berkaca dari kejadian hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang di wilayah tetangganya. Sejumlah kampung di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, porak-poranda dua hari sebelumnya.

Dua dari tiga orang yang dinyatakan hilang sudah ditemukan meninggal dunia, sedangkan belasan orang karyawan toko/pabrik roti yang sempat hanyut dinyatakan selamat.

Camat Sodonghilir, Tasikmalaya, Jabar, Ari Fitriadi mengungkapkan salah satu korban hanyut dan hingga kini belum diketahui nasibnya bernama Anang, 21, merupakan warganya. Sedangkan Jured, warga Kota Tasikmalaya, sudah ditemukan meninggal dunia.

Ari menuturkan korban yang selamat dan hilang termasuk meninggal dunia dunia akibat banjir bandang Sukabumi merupakan pengusaha dan karyawan toko/pabrik roti yang berasal dari Kota/Kabupaten Tasikmalaya.

Ia menyebutkan korban selamat terdiri dari Ade Diast, Noneng Novila, Calsa Lita, Dede Nurmala, Aden, Edi Supriadi, Ita Heryani, Iswah Mahmudin, warga Sodonghilir, Fikriansyah, Irham Hijbulloh, Dede Nurhidayat, Rosid, Yamin, Ai Ela Pebriani. Semuanya warga Kecamatan Padakembang.

"Sedangkan Nanang Ruhimat, warga Kecamatan Sukaratu; Idan, warga Kecamatan Salopa, dan Arip, warga Kecamatan Bantarkalong. Mereka ini semuanya selamat," cetusnya.

Gotong royong

Badai juga melanda Kota Cimahi, Jabar, Rabu (23/9) sore. Sejumlah pohon tumbang menutup ruas jalan. Tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian yang disertai dengan hujan es tersebut.

Tim gabungan Pemadam Kebakaran bersama BPBD Kota Cimahi dibantu relawan langsung mengevakuasi pohon tumbang agar akses jalan bisa segera dilalui.

Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, puluhan rumah di tiga desa Kecamatan Tambakromo, rusak berat dan ringan, diguncang angin ribut. Ratusan warga Desa Tambahagung, Kedalingan dan Angkatan Lor, yang dilanda bencana itu, bergotong royong membersihkan puing-puing, bersamma BPBD, kepolisian dan TNI.

Sementara itu, Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang Kota Pangkalpinang Suparlan mengungkapkan sebagian anggaran banjir tahun ini terpaksa dialihkan untuk penanganan covid-19. Penanganan banjir tahun ini hanya normalisai dan pengerukan sungai. (AD/DG/AS/RF/N-1)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Harga Bahan Pangan di Klaten Fluktuatif

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:12 WIB
Pedagang pasar mengeluh pembeli sepi di masa pandemi...
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Manado&Tomohon, Kota di Sulut dengan Kasus Baru Korona Terbanyak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:52 WIB
Penambahan penularan baru covid-19 di Kota Manado dan Tomohon masing-masing sebanyak 15 dan 10...
ANTARA FOTO/FB Anggoro

BKSDA Aceh Bebaskan Beruang Madu yang Terjerat Kawat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:43 WIB
Ada dugaan jerat itu sengaja dipasang karena tanaman kakao, pisang dan palawija di lokasi tersebut sering digasak hewan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya