Rabu 23 September 2020, 19:35 WIB

Ilmuwan Ciptakan Komputer yang Terjemahkan Pikiran Jadi Gambar

Bagus Pradana | Weekend
Ilmuwan Ciptakan Komputer yang Terjemahkan Pikiran Jadi Gambar

Unsplash/ Aryan Dhiman
Ilmuwan Finlandia ciptakan komputer yang bisa terjemahkan pikiran menjadi gambar.

DI masa mendatang mungkin kita tidak perlu mengetik atau menggambar sendiri hal yang sedang kita bayangkan. Komputer dapat langsung menerjemahkan pikiran kita menjadi gambar.

Teknologi itu dimungkinkan dengan sistem canggih yang dikembangkan Tuukka Ruotsalo, ilmuwan dari Universitas Helsinki, Finlandia yang juga merupakan seorang profesor di Universitas, Kopenhagen, Denmark. Hasil penelitiannya telah dipublikasikan di jurnal Scientific Report pada September ini. 

Tujuan komputer itu adalah untuk dapat memantau aktivitas otak dan menampilkan yang dipikirkan penggunanya dalam gambar. Saat melihat gambar, EEG (electroencephalography) dari subjek manusia dihubungkan ke jaringan komputer yang dibuat mengikuti sistem otak. Sistem itu yang menyimpulkan apakah gambar yang dideteksi cocok dengan yang dicari subjek. Sistem itu mampu menghasilkan gambar dengan akurasi hingga 83%.

“Teknik ini menggabungkan respons alami manusia dengan kemampuan komputer untuk membuat informasi baru. Dalam percobaan tersebut, partisipan hanya diminta untuk melihat gambar yang dihasilkan komputer,” kata Tuukka Ruotsalo, peneliti di The Independent, Selasa (22/9).

“Komputer, memodelkan gambar yang ditampilkan dan reaksi manusia terhadap gambar tersebut dengan menggunakan respons otak manusia. Dari sini, komputer dapat membuat gambar yang benar-benar baru yang sesuai dengan keinginan pengguna,” lanjut Ruotsalo.

Ia percaya, perkembangan ini dapat digunakan untuk membantu materi iklan, serta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara orang dalam memandang sesuatu. “Jika Anda ingin menggambar atau mengilustrasikan sesuatu tetapi tidak dapat melakukannya, komputer dapat membantu Anda mencapai tujuan. Itu hanya bisa mengamati fokus perhatian dan memprediksi apa yang ingin Anda buat,” kata Ruotsalo. (M-1)

Baca Juga

Dok. Everyday is a Lullaby

Everyday is a Lullaby Tayang Perdana di Busan

👤Fathurrozak 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 21:06 WIB
Film karya Putrama Tuta itu jadi satu-satunya perwakilan Indonesia di ajang BIFF...
Unsplash/ Harshal S Hirve

Ini Cara Masak yang Tidak Merusak Antioksidan Jamur

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:45 WIB
Memasak menggunakan microwave atau dengan dipanggang adalah paling...
Dok. Instagram @minikinofilmweek

Untung Rugi Festival Film Daring

👤Fathurrozak 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 14:45 WIB
Meski penyelanggara dapat menekan bujet, festival daring butuh sistem yang baik untuk menjaga keamanan hak siar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya