Rabu 23 September 2020, 13:30 WIB

Ini Tiga Program Prioritas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di 2021

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Ini Tiga Program Prioritas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di 2021

Antara
Protokol kesehatan di Kompleks Taman Wisata Candi Keraton Ratu Boko di Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

 

PANDEMI covid-19 telah memukul sektor pariwisata di Indonesia tahun ini, namun di sisi lain masih menciptakan peluang di 2021 mendatang. Keyakinan itu diutarakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam Rapat Kerja Komisi X DPR, Rabu (23/9).

Wishnutama lalu menyebutkan tiga program strategis Kemenparekraf pada 2021. Tiga program prioritas itu ialah mempercepat pemulihan pariwisata; menerapkan quality tourism dan ekonomi kreatif; serta digitalisasi dan kedaulatan digital.

Untuk mewujudkan hal itu, anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp 4,9 triliun, atau naik Rp795,71 miliar dari pagu awal yang ditetapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani sebesar Rp4,11 triliun.

"Ada kenaikan 19,4% pada pagu anggaran 2021 sehingga menjadi Rp 4,90 triliun," ucap Wishnutama.

Wishnutama berharap kenaikan anggaran dapat membantu meningkatkan kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif serta memulihkan industri pariwisata yang terpuruk akibat pandemi.

Secara rinci, Wishnutama menguraikan pembagian anggaran itu ke dalam dua program besar yakni, Pariwisata dan Budaya serta Pendidikan. Dalam program Pariwisata dan budaya, kata Wishnutama, mendapatkan pagu anggaran Rp3,69 triliun yang terbagi atas Program dukungan manajemen senilai Rp 921 miliar dan Program Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif senilai Rp2,77 triliun.

Sedangkan, untuk program pendidikan mendapatkan pagu sebesar Rp1,21 triliun yang kemudian dibagi untuk program dukungan manajemen Rp217,66 miliar dan program pendidikan dan pelatihan vokasi senilai Rp994,15 miliar.

Salah satu rencana yang pernah disebut Wishnutama adalah upaya peningkatan sumber daya manusia melalui pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di Sulawesi Utara dan Jawa Tengah. Meski di masa pandemi, ia berpandangan, pembangunan fasilitas pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pagu Anggaran ini pun direspon baik dan disetujui oleh Anggota Komisi X DPR Fraksi Partai Kebangkita Bangsa (PKB) Muhammad Kadafi "Saya mewakili dari Fraksi PKB dapat menerima Pagu Anggaran untuk 2021," kata Kadafi.

Dalam pandemi covid-19 ini, ia menambahkan, mau tidak mau DPR maupun pemerintah harus memutar pikiran dan memeras tenaga bagaimana agar bisa bersaing dengan negara-negara tetangga, sekaligus mengoptimalkan anggaran yang telah diberikan.

Selama enam bulan berlangsungnya pandemi covid-19, tercatat empat pertunjukan seni yang telah dilaksanakan, yaitu Drive in Concert ‘New Live Experience’ di Jakarta (29-30 Agustus 2020), Bali Revival 2020 di Ubud (16-17 Agustus 2020), Art Jog 2020 di Yogyakarta (8 Agustus-10 Oktober 2020), dan Prambanan Jazz Online di Prambanan (18 Juli 2020).

Keempat acara ini mendapat respon positif dari masyarakat dan berbagai media baik nasional maupun internasional. "Hal ini tentunya kami harapkan dapat membantu persepsi positif terhadap pelaksaaan protokol kesehatan di Indonesia,” ujar Wishnutama, dalam kesempatan sebelumnya. (H-2)

Baca Juga

ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Kemenperin Sebut Penerapan SNI Masker Bersifat Sukarela

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 09:15 WIB
Dalam SNI 8914:2020, masker dari kain diklasifikasikan menjadi tiga tipe, yaitu tipe A untuk penggunaan umum, tipe B untuk filtrasi...
ANTARA/Olha Mulalinda

Komorbid Jadi Penyebab Terbanyak Kematian Pasien Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 07:56 WIB
Komorbid menjadi penyebab terbanyak kematian pasien covid-19 di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi...
Dok Book My Show

Bersepeda Sembari Beramal di Bike for Hope

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:21 WIB
Tujuan utama dari acara Bike for Hope adalah donasi untuk pekerja seni yang terkena dampak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya