Rabu 23 September 2020, 09:55 WIB

Pertamina Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Palembang

Dwi Apriani | Nusantara
Pertamina Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Palembang

MI/Dwi Apriani
Suasana operasi pasar elpiji 3 kilogram yang dilakukan Pertamina MOR II Sumbagsel di Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang.

 

SEBAGAI upaya memastikan terpenuhinya kebutuhan elpiji 3 kilogram di tengah masyarakat, PT Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel menggelar operasi pasar di Kelurahan Merah Mata dan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang, Kota Palembang, Rabu (23/9).

Dalam operasi pasar itu, Pertamina mendistribusikan 1.120 tabung elpiji 3 kilogram.

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel Dewi Sri Utami mengungkapkan Pertamina terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik Disperindag, Pemerintah Daerah, hingga aparat Kepolisian setempat, untuk memantau penyaluran elpiji 3 kilogram tepat sasaran dengan harga jual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan.

Baca juga: Keluarga Miskin di Sikka Dapat Rumah Layak Huni

"Jadi, memang kita sudah melakukan berbagai upaya, seperti pemantauan harga elpiji hingga tingkat pangkalan, berkolaborasi dengan pemerintah setempat melakukan inspeksi mendadak (sidak), dan operasi pasar," jelas Dewi.

Pemenuhan kebutuhan elpiji di Kecamatan Sematang Borang, saat ini, disalurkan melalui 58 Pangkalan yang beroperasi normal melayani kebutuhan elpiji 3 kilogram bagi masyarakat.

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Sematang Borang yang semakin meningkat akan dibuka dua pangkalan baru agar mendekatkan masyarakat untuk mendapatkan akses elpiji di pangkalan," tambah Dewi.

Dalam upaya pengawasan pendistribusian, Pertamina akan memberikan sanksi tegas hingga Pemutusan Hubungan Usaha (PHU) apabila ditemukan pangkalan menjual elpiji 3 kilogram lebih besar porsinya ke pengecer dibandingkan ke pengguna langsung, atau menjual di atas HET.

Pihaknya mengimbau seluruh konsumen untuk membeli elpiji 3 kilogram bersubsidi melalui Pangkalan resmi Pertamina untuk mendapatkan produk sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Untuk usaha kecil, menengah, dan atas, serta masyarakat mampu diharapkan untuk menggunakan elpiji nonsubsidi agar tidak mengurangi jatah pengguna elpiji 3 kilogram yang berhak. Adapun elpiji nonsubsidi rumah tangga saat ini tersedia dalam berbagai kemasan bright gas, yaitu kemasan ukuran 12 kilogram dan 5,5 kilogram," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Sumsel Gencarkan Razia Protokol Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 23:23 WIB
Penegakan protokol kesehatan di Sumsel telah diatur dalam Peraturan Gubernur No 37 tahun 2020. Sehingga razia dan sidang yang dilakukan di...
MI/Benny Bastiandy

49 Ribu Rumah di Lebak tidak Layak Huni

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 23:00 WIB
Pemerintah daerah hingga kini terus mengoptimalkan perbaikan rumah tidak layak, namun tahun ini terkendala adanya pandemi...
ANTARA/Adwit B Pramono

Usai Sosialiasi, Tol Mando-Bitung Bakal Mulai Bertarif

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:10 WIB
Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 8.107 kendaraan, dan tertinggi tercatat di hari Sabtu (10/10) sebanyak 10.571...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya