Rabu 23 September 2020, 06:18 WIB

Kemampuan Testing Spesimen Meningkat Melebihi 40 Ribu Per Hari

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Kemampuan Testing Spesimen Meningkat Melebihi 40 Ribu Per Hari

MI/SUMARYANTO
Petugas kesehatan melakukan swab test di Kantor Media Group, Kedoya, Jakarta.

 

PADA September 2020, pencapaian testing spesimen covid-19 mengalami peningkatan dibanding Agustus lalu. Per harinya, testing spesimen selama September sudah mencapai 40 ribu secara nasional.

Berdasarkan data hingga 22 September 2020, spesimen yang selesai diperiksa sebanyak 43.896 spesimen yang dilakukan 343 laboratorium di berbagai daerah.

Meski demikian, per daerah, belum semuanya mencapai standar World Health Organization (WHO) sebesar 1/1000 dari jumlah penduduk per minggu.

Baca juga: 3M Cegah Penyebaran Virus Covid-19 Pada Komunitas

Satgas Penanganan Covid-19, saat ini, terus mendorong daerah-daerah tersebut. Terutama provinsi-provinsi prioritas penyumbang terbanyak pasien covid-19.

"Beberapa daerah di Indonesia, seperti DKI dan daerah-daerah lainnya, sudah melebih standar WHO. Kami selalu mendorong daerah lainnya untuk meningkatkan testing mereka, seluruh kebutuhan testing akan dipenuhi Satgas," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat menjawab pertanyaan wartawan dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Selasa (22/9).

Selain itu, tentang penggunaan hotel dalam penanganan pasien covid-19 tanpa gejala yang memerlukan isolasi mandiri, telah disiapkan hotel bintang 2 dan 3, di samping fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada selama ini.

Wiku menegaskan hotel-hotel yang akan digunakan itu akan mendapatkan pengawasan sesuai standar kesehatan yang layak.

"Tentunya fasilitas-fasilitas tersebut dalam pengawasan tenaga kesehatan agar pasien yang dirawat mendapatkan pelayanan yang terbaik," jelasnya.

Saat ini, di DKI Jakarta, sudah disiapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran dan Pademangan. Ada flat isolasi mandiri dan karantina bagi masyarakat yang positif covid-19. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Vincenzo Pinto

Vaksin Covid-19, Pakar: Kalau tak Aman, Uji Dihentikan Sejak Awal

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 12:59 WIB
Guru Besar Fak Kedokteran Unpad Cissy mengatakan apabila vaksin Sinovac ditemukan tidak aman atau menimbulkan efek samping berbahaya...
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Siswa SMP di Tarakan Bunuh Diri, KPAI Minta PJJ Dievaluasi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 10:30 WIB
KPAI akan bersurat pada pihak-pihak terkait untuk pencegahan dan penanganan peserta didik yang mengalami masalah mental dalam menghadapi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Satgas Covid-19: Kasus Aktif di Indonesia Makin Menurun

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 09:33 WIB
Prof Wiku Adisasmito mengatakan jumlah kasus aktif di Indonesia sebanyak 60.569 atau 14,9%. Kondisi di Indonesia ini sangat baik jika...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya