Rabu 23 September 2020, 05:05 WIB

Dunia Tidak Boleh Didominasi Konflik AS-Tiongkok

Faustinus Nua | Internasional
Dunia Tidak Boleh Didominasi Konflik AS-Tiongkok

AFP/Brendan Smialowski
Presiden AS Donald Trump saat bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di KTT G20 Osaka.

 

PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron berpendapat pemimpin dunia tidak boleh membiarkan konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok mendominasi.

Pernyataannya mengemuka dalam Sidang Umum PBB pada Selasa waktu setempat. Pertemuan diplomatik global itu juga menandai peringatan 75 tahun PBB.

"Dunia saat ini tidak lepas dari persaingan antara Tiongkok dan AS. Di samping adanya pengaruh besar dari dua kekuatan ekonomi dunia," tutur Macron.

Baca juga: Jokowi Sudah Siapkan Pidato untuk Sidang Umum PBB

Lebih lanjut, dia menyerukan konsensus baru yang lebih modern untuk mengatasi tantangan global. Seluruh negara harus bekerja sama, khususnya dalam menghadapi krisis akibat pandemi covid-19.

Macron juga menilai tekanan maksimum AS terhadap Iran telah gagal. Dia menolak upaya Washington untuk memulihkan sanksi PBB terhadap Teheran.

Menurutnya, strategi AS sudah berlangsung lama. Sampai saat ini, belum ada potensi untuk mengakhiri aktivitas destabilisasi Iran, atau memastikan Iran tidak mendapat senjata nuklir.

Baca juga: Akhiri Presidensi DK PBB, Indonesia Hasilkan Empat Resolusi

"Inilah sebabnya Prancis bersama dengan Jerman dan Inggris, akan mempertahankan permintaan untuk implementasi penuh Perjanjian Wina 2015. Serta, tidak akan menolerir pelanggaran Iran," imbuh Macron.

Dalam Sidang Umum PBB, para pemimpin dunia diundang untuk memberikan pesan secara virtual. Presiden AS Donald Trump menggunakan kesempatan itu untuk menyerang Tiongkok terkait pandemi covid-19.

Sebaliknya, Presiden Tiongkok Xi Jinping memberikan nada damai dalam pidatonya. Dia bahkan menyerukan peningkatan kerja sama untuk mengatasi dampak pandemi.(France24/OL-11)

Baca Juga

AFP/Valery Hache

Prancis Berlakukan Darurat Keamanan Pasca Serangan Teroris

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 07:41 WIB
Otoritas Prancis menaikan level keamanan pada tingkat darurat pasca serangan mematikan di Basilika Notre-Dome Nice, Prancis pada Kamis...
Drew Angerer/AFP

Biden Sebut Akan Lindungi Warga Venezuela di AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 07:29 WIB
Kandidat Presiden AS Joe Biden menegaskan ia akan melindungi warga Venezuela dan Kuba bila ia menang dalam Pilpres AS. Biden bertekad...
AFP/Valery Hache

Pria Tunisia Jadi Tersangka Serangan Teroris di Gereja Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 07:12 WIB
Kepala jaksa anti-teroris Jean Francois Ricard mengatakan tersangka adalah seorang pria Tunisia kelahiran tahun 1999. Tersangka disebut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya