Rabu 23 September 2020, 01:55 WIB

Ambulans Andal Bantu Tangani Pandemi

(VL/N-2) | Nusantara
Ambulans Andal Bantu Tangani Pandemi

ANTARA/HO
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud Kerry Monagin menerima mobil Isuzu MU-X 4x4 yang telah dijadikan kendaraan ambulans

 

PENANGANAN pandemi membutuhkan mobil ambulans yang andal. Kebutuhan itu dirasakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

"Kondisi medan di wilayah kami cukup ekstrem, sehingga membutuhkan ambulans yang unggul di segala medan, irit bahan bakar, dan dilengkapi gardan ganda," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Talaud, Kerry Monangin.

Syarat itu terpenuhi dengan ambulans dari Isuzu MU-X 4x4. "Sudah lebih dari 20 tahun Kepulauan Talaud menggunakan ambulans produk Isuzu Panther. Ketika Isuzu menggulirkan ambulans MU-X, kami langsung memilihnya," lanjut Kerry.

Kemarin, Astra Isuzu menyerahkan 11 ambulans MU-X pesanan sejumlah pemerintah kabuapten dan kota di Sulawesi Utara. Lima ambulans di antaranya diserahkan untuk Pemkab Kepulauan Talaud.

Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra International-Isuzu, Samuel Pilo mengungkapkan pandemi juga memengaruhi penjualan otomotif di Indonesia. Karena itu, pihaknya membidik sektor yang tidak terlalu mengalami kontraksi akibat pandemi, di antaranya sektor kesehatan.

Pemasaran mobil ambulans pun dipilih. Perusahaan mengubah Isuzu MU-X menjadi ambulans. "Pilihan itu tepat, karena produk ini langsung disambut pasar," tambah Samuel.

Kepala Cabang Astra Isuzu Manado Elieser Roy Adung menambahkan di daerah dengan infrastruktur jalan yang belum bagus, apalagi dengan medan ekstrem, peluang pasar ambulans MU-X 4x4 cukup menjanjikan. Keunggulan MU-X, selain mesin bandel dan hemat BBM, mobil itu bisa mengonsumsi BBM bio solar, Pertamina DEX atau Dexlite.

Terkait pasar otomotif di Sulawesi, Samuel Pilo mengakui adanya penurunan. Khusus pasar SUV high, penurunannya mencapai 20% di Sulawesi Selatan dan 12,1% di Sulawesi Utara. "Dari penetrasi di sektor kesehatan, kami berharap bisa meningkatkan penjualan." (VL/N-2)

Baca Juga

Antara

Peternak Merugi Ratusan Ekor Babi Mati Mendadak di Lembor

👤John Lewar 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:50 WIB
PETERNAK babi di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat  di Nusa Tenggara Timur (NTT), resah karena kematian mendadak hewan...
Dok MI

Waktu Tunggu Ekspor dari Belawan Dipangkas Lebih Cepat Dua Hari

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:40 WIB
"Waktu tunggu atau dwelling time harus cepat dan biaya harus murah agar produk kita makin memiliki berdaya saing ," kata...
MI/Rudi Kurniawansyah

Tinggal 11 dari 1.859 Desa di Riau yang Belum Tersentuh PLN

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:25 WIB
KINI tinggal 11 dari 1.859 desa di Riau yang belum teraliri listrik dan PLN menargetkan akan melistriki seluruh desa yang ada di Riau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya