Selasa 22 September 2020, 21:50 WIB

Erick Pastikan Harga Avigan Murah karena Diproduksi Sendiri

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Erick Pastikan Harga Avigan Murah karena Diproduksi Sendiri

MI/Rudi Kurniawansyah
Avigan untuk obat Covid-19

 

MENTERI Badan Usaha Mili Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan harga jual obat covid-19 jenis favipiravir atau Avigan murah atau bisa dijangkau masyarakat. Pasalnya, PT Kimia Farma sudah bisa memproduksi sendiri obat tersebut.

"Kimia Farma sudah bisa produksi obat favipiravir atau lebih dikenal Avigan. Avigan kita pastikan murah. Kurang lebih harganya Rp20 ribuan," kata Erick dalam rapat kerja dengan DPR RI, Jakarta, Selasa (22/9).

Erick menyebut, untuk jenis obat covid-19 lainnya seperti oseltamivir belum bisa dipatok dengan harga murah karena di-impor.

Ia juga menegaskan, sudah meminta BPOM untuk segera mengeluarkan izin resmi obat Avigan Menurutnya, permintaan obat jenis flu itu tinggi untuk pasien covid-19.

Baca juga : Klaster Perkantoran Bukti Penerapan Protokol Kesehatan Masih Lemah

"'Hari ini saya telepon BPOM, minta segera izinnya (Avigan) dikeluarkan. Kebutuhannya tinggi, ini terus meningkat," kata Menteri BUMN itu.

Erick mengungkapkan, perusahaan farmasi BUMN lainnya yakni, PT Bio Farma (Persero) juga sudah melakukan produksi obat paracetamol. Ia berharap tahun depan bakal ada pabrik sendiri untuk obat-obatan covid-19 tersebut.

"Bio Farma sudah bisa produksi paracetamol. Harapannya tahun depan ada pabriknya. Kami minta dukungan secara menyeluruh untuk program kesehatan ini," pungkas Erick. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/FB Anggoro

Faskes Diminta Patuhi Ketentuan Tarif Swab Tes

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 11:14 WIB
Fasilitas kesehatan pun sudah diingatkan berkali-kali agar mematuhi ketentuan soal harga tes usap...
ANTARA/Muhammad Iqbal

BATAN Kembangkan Radioisotop dan Radiofarmaka untuk Kesehatan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 10:18 WIB
Kebutuhan dalam negeri terhadap radioisotop dan radiofarmaka, saat ini, terus meningkat seiring dengan berkembangnya pemanfaatan iptek...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Macet Sejak Lama, Tunjangan Kinerja Karyawan TVRI Akhirnya Turun

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 09:01 WIB
Setelah berjuang selama tiga bulan, Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno berhasil menyelesaikan tunggakan tunjangan kinerja karyawannya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya