Selasa 22 September 2020, 19:30 WIB

Rusun Tegalrejo Mulai Dioperasikan untuk Rawat OTG di Yogyakarta

Ardi Teristi | Nusantara
Rusun Tegalrejo Mulai Dioperasikan untuk Rawat OTG di Yogyakarta

ANTARA
Gubernur DIY Sri Sultan HB X

 

RUMAH Susun (Rusun) Tegalrejo, Selasa (22/9)  mulai dioperasikan untuk merawat orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Kota Yogyakarta. Tempat ini memiliki daya tampung 84 orang.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan keberadaan Rusun Tegalrejo sebagai shelter untuk OTG dapat membantu penanganan OTG Covid-19 semakin baik. "Harapan kita sama, yakni kita bisa tetap sehat," jelas Sultan saat meninjau Rusun Tegalrejo.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menambahkan, pihaknya terus menjajaki adanya beberapa shelter lagi yang akan dibuat di lokasi lain, misalnya di Kecamatan Umbulharjo khusus untuk tenaga medis.

Total OTG di Kota Yogyakarta saat ini 19 orang. Mereka mulai Selasa (22/9) akan menempati Rusun Tegalrejo. "Mekanismenya sudah kami siapkan. Jadi, mereka nanti kami jemput tidak datang sendiri atau diantar keluarga," jelas dia.

Perawatan OTG di Rusun Tegalrejo akan dilakukan secara maksimal, termasuk dengan menempatkan tim dokter dan tim psikolog untuk mendampingi mereka. Supaya suasananya juga menyenangkan, para OTG akan difasilitasi untuk membuat wadah saling bersosialisasi lewat grup Whatsapp agar mereka tidak bosan. Perawatan akan menggunakan pendekatan kemanusiaan supaya para OTG tidak merasa diisolasi.

"Mereka dikumpulkan di shelter ini supaya proses penyembuhan semakin baik dan tidak menambah penularan," papar Haryadi. (R-1)

 

Baca Juga

Istimewa

Wilayah Selatan Cianjur kembali Diterjang Bencana Hidrometeorologi

👤Benny Bastiandy 🕔Senin 26 Oktober 2020, 11:52 WIB
Terrdapat tiga kecamatan yang diterjang banjir luapan air sungai, abrasi, serta tanah longsor akibat banir dan curah hujan tinggi di...
Twitter @KawanBaikKomodo

Foto Komodo Adang Truk Viral, Pulau Rinca Akhirnya Ditutup

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 11:49 WIB
Selain menutup resort tersebut, proyek Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Pulau Rinca juga...
MI/Haryanto

Ganjar Ogah Komentar Soal Layak Capres 2024

👤Haryanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 11:45 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo enggan mengomentari hasil survei dari Indikator Politik yang menyatakan dirinya menempati posisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya