Selasa 22 September 2020, 14:10 WIB

Awas, Indonesia Jadi Negara dengan Transmisi Covid-19 Terbesar

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Awas, Indonesia Jadi Negara dengan Transmisi Covid-19 Terbesar

ANTARA/ Nyoman Hendrea Wibowo
RAZIA : Dua warga yang melanggar protokol kesehatan menjalani sanksi sosial dengan menyapu halaman kantor Satpol PP Denpasar

 


EPIDEMIOLOG Universitas Gadjah Mada (UGM) Riris Andono Ahmad berpendapat bahwa Indonesia berpotensi menjadi negara dengan transmisi covid-19 terbesar jika tidak dilakukan perubahan dalam menanganinya. Dia menuturkan, pemerintah sebaiknya segera mengambil langkah cepat melakukan penghentian atau pembatasan mobilitas penduduk.

Pembatasan mobilitas penduduk ini sangat penting, sebab pergerakan orang menjadi faktor penyebar covid-19. Dengan adanya pembatasan mobilitas ini diharapkan dapat menekan penularan agar tidak semakin meluas. “Mobilitas penduduk harus segera dihentikan, kalau tidak dihentikan kasus akan terus meningkat,” kata Riris, Selasa (22/9).

Riris melanjutkan, apabila situasi telah terkendali, pembatasan mobilitas sosial bisa kembali dilonggarkan. Namun, jika nantinya dijumpai penularan covid-19 kembali meluas, mobilitas penduduk segera dibatasi kembali. “Ada saatnya kencangkan social distancing dan ada saatnya dilonggarkan,” jelasnya.

Guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Kendati demikian, Riris menilai, masyarakat belum terlalu patuh dengan aturan yang dibuat pemerintah.

Karenanya dia kembali meminta pemerintah untuk tegas dalam menerapkan kebijakan, terutama implementasi protokol covid-19 di lapangan agar dilaksanakan secara konsisten.(H-1)

 

Baca Juga

Antara

Kemenperin : Bonus Demografi jadi Peluang Bangun Industri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 16:17 WIB
Kementerian Perindustrian mengajak generasi muda beperan aktif dalam membangun industri nasional yang berdaya saing global. Hal ini sebagai...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Kemensos Gandeng Instansi dan Daerah Antisipasi Bencana

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 14:25 WIB
Dari sejumlah kawasan rawan, Provinsi DKI Jakarta dinilai perlu mendapat perhatian paling...
ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Nadiem: Bangkit di Tengah Pandemi Lewat Peringatan Sumpah Pemuda

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 13:45 WIB
Nadiem mengungkapkan, dalam setahun terakhir lebih dari 272 ribu kerja sama telah terjalin antara SMK dengan dunia usaha dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya