Selasa 22 September 2020, 13:08 WIB

Santri dan Polisi di Jawa Tengah Terpapar Covid-19

Akhmad Safuan | Nusantara
Santri dan Polisi di Jawa Tengah Terpapar Covid-19

ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Sejumlah santri antre memasuki kawasan Pondok Pesantren (ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (4/7/2020)

 

KLASTER baru covid-19 kembali muncul di Kabupaten Kendal dan Pekalongan, Jawa Tengah setelah dilakukan tracking dan test lanjutan terhadap ratusan orang
untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran. Di Kabupaten Kendal ditemukan klaster pendidikan setelah ditemukan kasus covid-19 di dua pesantren di wilayah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan dalam perkembangan covid-19 di Kendal terdapat 26 temuannya berasal dari klaster pondok pesantren (ponpes). Sedangkan sisanya dari klaster instansi atau perkantoran.

"Terdapat dua pondok pesantren yang telah ditemukan santri terpapar covid-19 yakni empat kasus dari ponpes di wilayah atas dan 13 kasus di ponpes wilayah bawah," kata Ferinando, Selasa (22/9).

Seluruh santri di dua ponpes menjalani isolasi mandiri di RSDC Kendal. Kasus penularan itu berawal dari temuan adanya petugas kesehatan di ponpes positif covid-19.
Setelah dilakukan swab test, ditemukan 12 santri terpapar korona. 

"Sebelumnya juga ditemukan di klaster kesehatan ada enam tenaga kesehatan Puskesmas Kaliwungu juga terpapar covid-19," terangnya.  

Sedangkan di Polres Pekalongan ditemukan 12 personel di jajaran polres setempat positif covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Dari temuan itu, Polres Pekalongan kemudian melanjutkan pemeriksaan terhadap 108 anggota lainnya.

"Saat ini anggota yang terpapar covid-19 masih menjalani isolasi mandiri dan dalam kondisi baik. Mereka juga berstatus OTG,"  kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setyawan Dwi Antoro.

baca juga: Polda Terapkan Sanksi Tegas Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Mengantisipasi penyebaran di instansi itu, demikian Setyawan Dwi Antoro dilakukan tracking terhadap anggota lain atau warga yang sempat kontak langsung dengan anggota tersebut. Selain itu secara internal dilakukan pengaturan  karena polisi positif covid-19 tidak hanya terjadi di jajaran polres tetapi juga di polsek. (OL-3)
 

Baca Juga

MI

Ditangkap, Guru Honorer Pencuri 51 Tablet Android

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:42 WIB
Oknum guru tersebut melarikan diri ke Jakarta dan uang hasil pencurian itu digunakan untuk berfoya-foya selama...
MI/Palce Amalo

Hindari Kerumunan, Mobil Dimodifikasi Jadi Swab Mobile

👤Palce Amalo 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:20 WIB
Dalam mobil yang dimodifikasi tersebut terdapat bilik pengambilan swab yang juga merupakan hasil karya dosen dan...
PSSI

Taklukan Hajduk Split, Timnas U-19 Raih Kemenangan Kelima

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 20:03 WIB
Shin Tae Yong membuat kejutan pada laga uji coba kali ini dengan menurunkan pemain keturunan asal Jerman, Kelana Mahessa yang baru...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya