Selasa 22 September 2020, 13:03 WIB

Jokowi Berencana Jadikan Utara Jawa sebagai Pusat Industri

Nur Azizah | Ekonomi
Jokowi Berencana Jadikan Utara Jawa sebagai Pusat Industri

ANTARA/Risky Andrianto
Pekerja menyelesaikan proses perakitan bodi mobil di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat.

 

PRESIDEN Joko Widodo berencana membangun kawasan Utara Jawa sebagai pusat industri. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini, pusat pertumbuhan industri di Jawa masih berada di Cilegon, Serang, dan Tangerang.

Rencananya, kawasan industri akan dikembangkan juga ke Jawa Barat bagian Barat. Di sana ada Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Subang yang siap dijadikan pusat industri.

"Kemudian wilayah pengembangan industri Jabar Timur ada Cirebon, Indramayu, dan Majalengka," kata Airlangga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/9).

Baca juga: Pengembangan Pelabuhan Harus Punya Arah Jelas

Adapun wilayah Jawa Tengah ada Batang, Kendal, Semarang, dan Demak.

Sedangkan Jawa Timur ada Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Bangkalan.

Airlangga menyebut total ada 71 kawasan industri sepanjang koridor Utara Jawa. Nantinya, Subang akan dijadikan kawasan Industri logam pangan, dryport, transportasi, dan pengolahan makanan.

"Kemudian Majalengka, tempat Kertajati, untuk penerbangan kargo logistik, tekstil, pangan, juga plastik sintetik," ungkapnya.

Adapun daerah Indramayu akan dijadikan sentra pengembangan kimia hulu, pengolahan ikan, kimia dasar, hulu Agro, Petrokimia hulu, dan sintetik resin. Lalu Cirebon diproyeksikan menjadi tempat pengolahan ikan, furniture, perkapalan, industri pakan, dan bahan galian nonlogam. (OL-1)

Baca Juga

Antara

BI : ISEF 2020 Catat Transaksi Sebesar Rp5,03 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:39 WIB
Angka tersebut terdiri dari kesepakatan pembiayaan, komitmen transaksi business to business, transaksi ritel business to consumer, dan...
Antara/Aditya Pradana Putra

Bantu UMKM Bangkit, Kemendikbud Gelar Pasar Budaya Daring

👤SuryaniWandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 21:50 WIB
Pasar budaya adalah sebuah marketplace dari Ditjen Kebudayaan Kemendikbud yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi Indonesia,...
MI/Ramdani

AP II : Airport 4.0 Menjadi Basis Transformasi Kedepan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 20:31 WIB
“Pada pekan lalu, kami mencanangkan Second Curve Transformation periode 2020 - 2024 untuk memasuki era Airport 4.0," ujar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya