Selasa 22 September 2020, 12:12 WIB

Wagub DKI Minta Jajarannya Waspada Banjir

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wagub DKI Minta Jajarannya Waspada Banjir

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengoperasikan alat berat untuk mengeruk endapan lumpur di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza meminta masyarakat dan jajaran SKPD untuk waspada terhadap cuaca musim hujan yang akan segera tiba.

Menurutnya, akhir-akhir ini, telah terjadi anomali cuaca yang menyebabkan badai dan hujan lebat mengguyur sejumlah negara hingga menyebabkan banjir di tengah wabah covid-19. Sebut saja banjir yang terjadi di Korea Selatan serta Tiongkok pada bulan lalu yang mencerminkan cuaca yang tidak bersahabat tahun ini.

"Di beberapa negara terjadi anomali, hujan lebat disertai badai, dan banjir di beberapa negara. Ini sangat mungkin terjadi di Indonesia termasuk Jakarta. Masyarakat harus siap menghadapi. Kami sudah siapkan seluruh jajaran aparat dengan segala," kata Ariza di Balai Kota, Selasa (22/9).

Baca juga: 82 Kelurahan Terancam Banjir, Ini Upaya Pemprov DKI

Ia menegaskan Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan segala keperluan untuk mengantisipasi bencana banjir di musim hujan kali ini.

Selain mempersiapkan aparat, logistik, dan posko-posko, Ariza menyebut dokter juga selalu siap untuk menangani warga.

"Kami jajaran sudah siapkan termasuk dokter-dokter, apabila tadi malam terjadi banjir yang melintasi 82 kelurahan di DKI Jakarta Sungai Ciliwung kami malam sudah siap. Kami berharap hujan bisa reda, dokter kami siapkan," ungkapnya.

Di sisi lain, pengerukan waduk, kali, dan saluran tidak akan berhenti agar bisa menampung lebih banyak debit air di musim hujan.

"Pengerukan sungai ada 13 sungai di Jakarta. Kemudian waduk dan situ yang ada di Jakarta mengerahkan 54 ekskavator yang kami miliki di DKI Jakarta. Terus kami kerjakan sepanjang hari tidak berhenti," tegasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Gusti Tanati

9 Rumah Terbakar, Satu Tewas dalam Kebakaran di Kelapa Gading

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:21 WIB
Kebakaran menghanguskan sembilan unit bangunan warga di area sekitar 850 meter persegi, kebakaran juga menewaskan salah seorang warga, MS...
Ilustrasi

Dianggap Menghina NU, Sugi Nur Ditangkap Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:27 WIB
Sugi Nur dinilai telah menghina NU di acara dialog di kanal YouTube...
ANTARA

Satu Keluarga Ditemukan Tewas Terbakar

👤MI 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:20 WIB
KEBAKARAN menewaskan lima orang dalam satu keluarga di Perumahan Bumi Permai Sentosa, Blok 7 Nomor 41, Kampung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya