Selasa 22 September 2020, 08:41 WIB

Baznas DIY Distribusikan PMT Permulihan Gizi Balita Kurang Gizi

Agus Utantoro | Nusantara
Baznas DIY Distribusikan PMT Permulihan Gizi Balita Kurang Gizi

MI/Agus Utantoro
Baznas DIY dan Kota Yogyakarta memberikan bantuan untuk menangani balita dengan gizi kurang atau buruk di wilayah Kecamatan Sewon.

 

MENDUKUNG upaya pemerintah menangani balita dengan gizi buruk, Baznas DIY dan Baznas Kota Yogyakarta, Selasa (22/9), mendistribusikan PMT-Pemulihan untuk balita gizi kurang/buruk di wilayah Kecamatan Sewon, Bantul, Derah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas DIY Agus Sunarto mengatakan paket PMT-Pemulihan yang diberikan adalah susu formula sebanyak 1.200 gram, 500 gram gula pasir, dan minyak kelapa sawit yang nantinya dicampur sesuai takaran menjadi F-100 untuk membantu menaikkan BB (berat badan) balita.

"Penerima PMT-Pemulihan ini sebanyak 12 anak balita penerima manfaat," katanya.

Baca juga: Organisasi Sosial Bantu Penjualan Hasil Panen Petani

Ia menambahkan pemberian ini merupakan bagian dari Program Stunting yang diadakan BAZNAS DIY dan Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta.

Menurut dia, program yang dijalankan ini tidak hanya sebatas menangani kasus stunting saja, tetapi juga menangani kasus gizi buruk/kurang pada anak.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mengatasi para balita yang memiliki masalah gizi seperti gizi buruk/kurang di Kabupaten Bantul terutama pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini kala akses ke pelayanan kesehatan agak terbatas sehingga tumbuh kembang anak tidak dapat dipantau setiap bulannya.

Program stunting juga merupakan salah satu wujud dari program DIY sehat salah satu program BAZNAS DIY dalam membantu masyarakat di bidang kesehatan.

Selain DIY Sehat, BAZNAS DIY dalam mendistribusikan dan mendayagunakan zakat melalui program Pendidikan (DIY Cerdas), Kemanusiaan (DIY Peduli), ekonomi (DIY Sejahtera), dan  Syiar Dakwah Islam (DIY Taqwa).

Setelah pemberian PMT-pemulihan, diadakanpenyuluhan pengaturan pola makan untuk anak berat badan kurang, penjelasan terkait cara pembuatan F-100, edukasi cara pembacaan KMS, penimbangan BB, pengukuran TB,  pengukuran LiLA oleh ahli gizi Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta.

Setelah ditimbang dan diukur tinggi badan kemudian dibandingkan dengan standar berat badan ataupun tinggi badan berdasarkan umur,  sesuai standar dari Kemenkes untuk diketahui berat badan maupun tinggi badan yang sesuai berdasarkan umurnya.

"Orangtua juga diberi pemahaman terkait dengan hasil penimbangan berat baran maupun pengukuran tinggi badan dan LiLA atau lingkar Badan dan Lingkar Lengan Atas, serta diberikan pula pemahaman sertia saran terkain penanganangizi kurang atau buruk," ujarnya.

F-100 atau Formula 100 adalah produk susu teurapetik yang dirancang untuk mengobati malnutrisi parah.

Data Riskesdas 2018 menunjukkan proporsi status gizi buruk/kurang pada balita di Indonesia sebesar 17,7%, sedangkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul tahun 2019 menunjukkan bahwa proporsi status gizi buruk/kurang di Kabupaten Bantul sebesar 0,41% dan menunjukkan adanya peningkatan angka gizi buruk dibandingkan tahun 2018 sehingga program penanganan kasus gizi buruk masih menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Bantul. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Warga Kota Sukabumi Diimbau tidak Bepergian saat Libur Panjang

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:45 WIB
Peningkatan kasus baru di Kota Sukabumi akhir ini terjadi pada klaster keluarga. Kondisi itu juga lantaran tak sedikit dipicu perjalanan ke...
DOK MI

Pemkab Subang akan Lakukan Tes Covid-19 kepada Pengunjung Sariater

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:10 WIB
Satgas covid-19 Subang akan melakukan rapid tes dan swab tes secara acak kepada para wisatawan yang berkunjung ke objek...
DOK MI

Polisi Usut Penyelundupan Sabu ke Lapas Kuala Tungkal

👤Solmi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 23:30 WIB
Kasus penyelundupan sabu ke dalam lapas terungkap berkat kejelian petugas Lapas saat memeriksa titipan makanan pempek jenis kapal selam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya