Selasa 22 September 2020, 05:43 WIB

Organisasi Sosial Bantu Penjualan Hasil Panen Petani

Denny Susanto | Nusantara
Organisasi Sosial Bantu Penjualan Hasil Panen Petani

MI/Denny Susanto
Kegiatan panen raya padi di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empa, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

 

MESKI dikenal sebagai daerah penghasil batubara, sektor pertanian memegang peranan penting penopang perekonomian masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Meski pertanian menjadi penopang, tetap ada permasalahan terutama anjloknya harga pertanian dan kendala pemasaran hasil panen. Untuk mencegah anjloknya panen, tokoh masyarakat Syafruddin H Maming berkomitmen mendorong harga pertanian tidak anjlok lewat bantuan Yayasan Haji Maming 69.

"Yayasan nirlabaini berkomitmen mendorong peningkatan kesejahteraan petani. Salah satunya dengan kesiapan membeli hasil panen petani," ungkap Syafruddin H Maming, Ketua Yayasan Haji Maming 69, di sela-sela kegiatan panen raya padi di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, Senin (21/9).

Tokoh masyarakat petani Tanah Bumbu, Indro Turseno menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah dan Yayasan Haji Maming terkait kesiapan pembelian hasil panen petani. Komitmen ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. 

baca juga: Gotong Royong Melahirkan Bank Desa

Pada bagian lain Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalsel, Syamsir Rahman, mengatakan sektor pertanian dan ketahanan pangan merupakan sektor vital dan menjadi tumpuan masa depan Indonesia. Di Kalsel guna membangkitkan sektor pertanian dan menarik minat generasi muda untuk menjadi petani, Pemprov Kalsel menyiapkan program Komando Strategi Pertanian (Kostratani). Program ini melibatkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk menggerakan usaha tani mandiri yang dilakukan oleh pemuda tani.
         
Tercatat jumlah petani di Kalsel saat ini sebanyak 336.224 orang atau kurang dari 10 persen penduduk. Para petani ini tergabung dalam 15.077 kelompok tani dan terbanyak ada di Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA

Sumsel Gencarkan Razia Protokol Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 23:23 WIB
Penegakan protokol kesehatan di Sumsel telah diatur dalam Peraturan Gubernur No 37 tahun 2020. Sehingga razia dan sidang yang dilakukan di...
MI/Benny Bastiandy

49 Ribu Rumah di Lebak tidak Layak Huni

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 23:00 WIB
Pemerintah daerah hingga kini terus mengoptimalkan perbaikan rumah tidak layak, namun tahun ini terkendala adanya pandemi...
ANTARA/Adwit B Pramono

Usai Sosialiasi, Tol Mando-Bitung Bakal Mulai Bertarif

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:10 WIB
Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 8.107 kendaraan, dan tertinggi tercatat di hari Sabtu (10/10) sebanyak 10.571...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya