Senin 21 September 2020, 18:56 WIB

Kementan Dukung Kabupaten Cirebon Maksimalkan Kartu Tani

mediaindonesia.com | Nusantara
Kementan Dukung Kabupaten Cirebon Maksimalkan Kartu Tani

Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kartu Tani adalah upaya untuk membuat distribusi pupuk subsidi menjadi lebih tepat sasaran.

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) memlalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dalam penggunaan Kartu Tani.

Penggunaan Kartu Tani akan membuat distribusi pupuk subsidi menjadi lebih tepat sasaran. Di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kartu Tani yang sudah dicetak berjumlah 42 ribu.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kartu Tani adalah upaya untuk membuat distribusi pupuk subsidi menjadi lebih tepat sasaran.

“Tahun ini, anggaran untuk pupuk subsidi dikurangi. Akibatnya, proses verifikasi berkas penerima pupuk subsidi juga semakin kita ketat. Kementan harus selektif agar pupuk subsidi yang dibagikan benar-benar tepat guna dan bisa berimbas pada peningkatan produksi,” tutur Mentan SYL, Senin (21).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan Kartu Tani memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung petani.

“Pada tahap awal ini, Kartu Tani memang digunakan untuk menyalurkan pupuk subsidi. Tapi sesungguhnya, fungsi Kartu Tani lebih dari itu. Kartu Tani bisa menjadi alat transaksi penarikan dan transfer di rekening, karena Kartu Tani dikeluar pihak bank,” tuturnya.

Selain itu, Sarwo Edhy menambahkan, Kartu Tani akan mempermudah penyaluran bantuan dari pemerintah untuk petani.

“Ke depan, Kartu Tani akan digunakan untuk memberikan bantuan dari pemerintah ke petani. Karena data yang sudah digunakan adalah by name by address berdasarkan NIK. Dan ini memudahkan pemerintah agar tepat sasaran, tepat waktu, dan lainnya dalam menyalurkan bantuan,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Effendi mengatakan, dari 42 ribu kartu tani yang telah dicetak, sekitar 32 ribu sudah disebarkan kepada para pemiliknya yang terdaftar.(RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Satgas Covid-19 Mebidang Tetap Gencarkan Razia Prokes

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 14:10 WIB
Satgas Covid Mebidang sempat mengalami serangan fisik secara brutal oleh kelompok preman saat merazia sebuah tempat usaha di Komplek Brayan...
DOK MI

Sudah 599 Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid-19 di Gowa

👤Lina Herlina 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:56 WIB
Kota Makassar sebagai episentrum Covid-19 di Sulsel sudah tercatat masuk zona...
DOK MI

Bawaslu Bangka Belum Temukan Pelanggaran ASN

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 13:41 WIB
Belum ditemukan adanya aparatur sipil negara di Bangka Barat yang terlibat dalam kampanye pasangan calon dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya