Senin 21 September 2020, 11:38 WIB

Pekan Kedua PSBB, Penumpang KRL Turun 2%

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pekan Kedua PSBB, Penumpang KRL Turun 2%

ANTARA/Fakhri Hermansyah
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line berjalan di peron usai tiba di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.

 

KONDISI seluruh stasiun KRL, Senin (21/9) pagi, tetap kondusif memasuki pekan kedua penerapan PSBB penuh di wilayah DKI Jakarta.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan hingga pukul 07.00 WIB, data tiket elektronik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menunjukkan jumlah pengguna turun dibandingkan Senin pekan lalu.

"Hingga pukul 07.00 pagi, jumlah pengguna KRL tercatat 61.488, berkurang 2% dibandingkan Senin pekan lalu pada kurun waktu sama yang berjumlah 62.497 pengguna," kata Anne, Senin (21/9).

Baca juga: Ada Geofencing, Ojol tidak Berani Berkerumun

Stasiun-stasiun yang mencatat penurunan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam (4.239 pengguna, turun 11% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bekasi (3.276 pengguna, turun 5%), dan Stasiun Depok (2.942 pengguna, turun 3%).

Meski demikian, beberapa Stasiun mencatat ada peningkatan jumlah pengguna yaitu Stasiun Bogor (6.181 pengguna, meningkat 7%) dan Stasiun Rangkasbitung (2.142, meningkat 5%).

"Selama sepekan penerapan PSBB penuh di wilayah DKI Jakarta, pengguna KRL tercatat mengalami penurunan. Apabila di pekan terakhir masa PSBB Transisi tercatat rata-rata pengguna mencapai 369.728 pengguna per hari, pada pekan pertama penerapan PSBB penuh hanya tercatat 298.385 pengguna per hari atau mengalami penurunan sekitar 21%," papar Anne.

PT KCI, Sabtu (19/9), telah melakukan rekayasa pola operasi KRL sehingga layanan KRL kini beroperasi mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB dengan kereta-kereta pemberangkatan pertama memasuki wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 05.00 WIB dan kereta-kereta terakhir meninggalkan wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB.

KCI menghimbau seluruh pengguna sudah berada di stasiun-stasiun wilayah DKI Jakarta pada sekitar pukul 19.00 WIB. Dengan rekayasa operasi itu, KCI menjalankan 933 perjalanan KRL per hari dari sebelumnya 975 perjalanan tiap harinya.

Namun, rekayasa operasi ini tidak mengubah frekuensi perjalanan KRL pada jam sibuk pagi dan sore hari. Informasi lengkap seputar posisi real time KRL, jadwal perjalanan, serta kepadatan stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access dan website www.krl.co.id.

Walaupun pengguna KRL berkurang, protokol kesehatan saat berada di stasiun maupun di KRL tetap berlaku seperti menjaga jarak, pengukuran suhu tubuh, memakai masker, dan mencuci tangan memakai sabun.

Semua upaya yang dilakukan KCI perlu dukungan dan kerja sama dari seluruh pengguna untuk menekan penyebaran covid-19.

Mulai hari ini, KCI sudah mewajibkan seluruh pengguna KRL memakai masker yang terbukti efektif mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung seperti masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan yang digunakan sekali pakai.

Hingga saat ini ketentuan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh para pengguna KRL. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Edarkan Sabu, Oknum Polresta Bandara Soetta Ditangkap

👤Sumantri 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 23:45 WIB
Anggota Polresta Bandara Soekarno Hatta, Aiptu Arn yang diduga mengedarkan sabu di Kota Tangerang dibekuk petugas Polsek Tangerang di...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Sah! UMP DKI Naik 3,27% Jadi Rp4,4 Juta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 22:58 WIB
Dengan mempertimbangkan dan menjunjung tinggi rasa keadilan, Pemprov DKI Jakarta menetapkan kebijakan asimetris untuk UMP Tahun...
Antara/Rivan Awal Lingga

Jakarta Raih STA 2021, Transjakarta Teruskan Sistem Integrasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 21:34 WIB
Selain Transjakarta, harapan integrasi yang lebih baik tentunya semakin terlihat jelas dengan hadirnya 'Mass Rapid Transit' atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya