Senin 21 September 2020, 03:05 WIB

Program Trisula Cegah Covid-19 Meluas

Lina Herlina | Ekonomi
Program Trisula Cegah Covid-19 Meluas

MI/Lina Herlina
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memasangkan masker kepada warga di Sulawesi Selatan.

 

SEBAGAI bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN), daerah terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal mengantisipasi penyebaran covid-19 agar tidak meluas. Salah satunya melalui program-program di bidang kesehatan sebagai salah satu pos penggunaan anggaran PEN.

Di Sulawesi Selatan misalnya, pemerintah provinsi terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam upaya pengendalian covid-19. “Presiden Jokowi meminta Kemenkes (Kementerian Kesehatan) berkunjung ke Sulawesi Selatan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi upaya pengendalian covid-19,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Sulsel, akhir pekan lalu.

Nurdin menyebutkan saat ini pemerintah terus berupaya menemukan vaksin guna mencegah penyebaran covid-19 secara meluas. Untuk itu, sikap yang diambil pemerintah daerah hanya menunggu kabar positif penemuan vaksin tersebut.

“Kita tinggal menunggu sampai vaksin itu ditemukan. Yang kami syukuri, sejak pandemi covid-19, rumah sakit di Sulsel tetap stabil. Orang tanpa gejala juga bisa diisolasi dengan nyaman dengan pemberian gizi yang baik,” ungkap Nurdin.

Menurutnya, itu bisa terjadi karena Sulawesi Selatan memiliki program Trisula dalam penanganan covid-19. Program tersebut mencakup tiga hal, yaitu tes agresif, penelusuran (tracing) kontak masif dan isolation quarantine, dan terakhir edukasi dan promosi kesehatan publik.

“Sedikitnya 5.000 orang kami isolasi dengan program tersebut,” kata dia.

Untuk mendukung upaya penelusuran penularan, Sulawesi Selatan memiliki 13 laboratorium dengan kapasitas minimal 2.500 spesimen per hari. Pemprov Sulawesi Selatan kini mengupayakan penyediaan delapan mobile polymerase chain reaction (PCR) untuk mempercepat hasil tes laboratorium sehingga nantinya memiliki total 10 mobile PCR.

Pada kesempatan itu, tim Kemenkes yang dipimpin Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Pattiselanno Roberth Johan menyampaikan ada tiga arahan Presiden Jokowi yang perlu disampaikan ke daerah, yaitu penurunan angka kasus baru, penurunan angka kematian, dan peningkatan angka kesembuhan.

Dia mengungkapkan, dari kunjungannya di rumah sakit rujukan covid-19 di Sulawesi Selatan, hingga saat ini tempat tidur di beberapa rumah sakit yang menangani pasien covid-19 masih tersedia untuk merawat pasien baik yang bergejala sedang maupun yang bergejala berat.

Bed occupancy ratio (BOR) atau angka penggunaan tempat tidur di rumah sakit daerah di Makassar yang menangani pasien covid- 19 pun rendah, di bawah 60%,” ungkap Pattiselanno.

Menurut dia, Pemprov Sulawesi Selatan juga melakukan langkah strategis dalam hal perawatan dan penyembuhan pasien covid-19, yaitu semua pasien yang tersebar di kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dibawa ke Makassar untuk dirawat secara maksimal sampai sembuh.

“Selain itu, ada enam hotel yang disiapkan untuk isolasi pasien positif covid-19 tetapi tidak bergejala dan saat ini, dari enam hotel, sekarang hanya terisi dua hotel,” pungkas Pattiselanno.


Masih aman

Direktur Utama RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Khalid Saleh, seusai menerima kunjungan menjelaskan pihaknya menyiapkan segala hal sebagai rumah sakit rujukan yang ditunjuk Kemenkes dalam menangani kasus covid-19 berat.

“Untuk di Sulawesi Selatan ada tujuh rumah sakit rujukan, dan di Kota Makassar ada empat. Kalau kita lihat, kasus-kasus yang masuk RS Wahidin memang kasus berat dan berpotensi untuk pasang ventilator. Kami sudah mempersiapkan SDM (sumber daya manusia) dengan berbagai disiplin ilmu beserta alat kesehatan,” terang Khalid.

Pada kesempatan itu, Kemenkes melalui tim task force Sulawesi Selatan memastikan ketersediaan tempat tidur untuk pasien covid- 19 di rumah sakit masih aman, khususnya kapasitas ruang isolasi dan ruang ICU di sejumlah rumah sakit di Kota Makassar.

Dari hasil pemantauan tim task force Sulawesi Selatan ke sejumlah rumah sakit tercatat, RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo siap dalam penanggulangan covid-19 dengan memiliki ruang isolasi sebanyak 126 tempat tidur.

Secara rinci terdapat 17 tempat tidur di ruang ICU, 21 tempat tidur di ruang isolasi tekanan negatif, serta ruang isolasi nontekanan negatif dengan 88 tempat tidur. RSUP Wahidin Sudirohusodo juga memeriksa covid-19 dengan RTPCR dan memiliki mesin tes cepat molekuler (TCM).

Selain itu, RSUD Sayang Rakyat memiliki ruang isolasi 98 tempat tidur dan ruang ICU 6 tempat tidur dengan ventilator sebanyak 5 buah. RSUD Sayang Rakyat juga memiliki 1 ruang radiologi khusus covid-19, 1 ruang ganti, dan ruang pemulasaraan jenazah.

Selanjutnya, RSKD Dadi memiliki gedung tersendiri khusus untuk merawat pasien covid 19, yaitu Gedung Covid-19 Center dengan 230 tempat tidur. Ruangan terdiri dari IGD dengan 10 tempat tidur, perawatan isolasi 130 tempat tidur, ICU 10 tempat tidur, isolasi kebidanan 50 tempat tidur, kamar bersalin 10 tempat tidur, kamar bayi 18 tempat tidur, dan kamar operasi 2 tempat tidur. RSKD Dadi ini pun memiliki laboratorium RTPCR yang bisa memeriksa sampel pasien covid-19.

Di sisi lain, Pemprov Sulawesi Selatan bekerja sama dengan enam hotel untuk isolasi pasien positif tidak bergejala. Dari total 5.125 orang yang masuk ke isolasi, kini masih ada 195 orang (3,8%) yang diisolasi, 4.875 orang (95%) sembuh, dan 55 orang (1%) dirujuk ke RS.

Pasien sembuh akan jadi promotor dan mitra puskesmas guna menyampaikan edukasi covid 19 pada wilayah mereka.

“Karena itulah, angka kesembuhan pasien covid-19 di Sulsel mencapai 76% dan melampaui angka kesembuhan nasional sebesar 71% serta angka kesembuhan secara global 72%,” terang Khalid.

Ia juga berharap, upaya penanganan covid-19 tersebut bisa menekan angka kasus positif covid-19, meningkatkan jumlah kesembuhan, serta menekan angka kematian karena covid-19 secara nasional. (S-3)

 

Baca Juga

Ist/PUPR

Jembatan Gantung Nawacita Tegaldowo Jadi Destinasi Wisata Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 09:29 WIB
Jembatan tersebut selain meningkatkan konektvitas antardesa juga menjadi salah satu destinasi wisata baru di Bumi...
ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Ekonomi Masyarakat Kepulauan Terhambat Aturan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:45 WIB
Kendala dalam pengiriman logistik saat ini ialah pada aturan muatan barang dari Menteri Perdagangan, bukan pada PT Pelayaran Nasional...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Pemerintah Lirik Sagu untuk Sumber Pangan

👤Ham/E-3 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:40 WIB
Selain beras, sagu menjadi salah satu komoditas yang kini dikembangkan untuk menuju ketahanan dan kedaulatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya