Minggu 20 September 2020, 21:50 WIB

Ayam Ras Bertelur Jumbo Hebohkan Tasikmalaya

Adi Kristiadi | Nusantara
Ayam Ras Bertelur Jumbo Hebohkan Tasikmalaya

MI/Adi Kristiadi
Tasikmalaya dihebohkan adanya telur jumbo dari peternak ayam setempat.

 

WARGA Kampung Kudang, Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, dihebohkan dengan seekor ayam ras yang bertelur ukuran jumbo. Ukuran telurnya tiga kali lipat dari telur normal.

Ade Yogi, 37, pemilik peternakan ayam ras mengatakan, setiap harinya selalu didatangi warga yang penasaran dengan kejadian aneh tersebut. Peristiwa tersebut terjadi sekitar dua bulan lalu dan hingga kini masih terjadi. Kejadian itupun baru pertama kali dialaminya sejak lima tahun lalu berternak ayam petelur.

"Waktu saya cek kandang ternyata ada salah satu ayam bertelur ukuran jumbo. Kami jelas terkejut, seisi rumah pun heboh melihat telulr jumbo yang saya bawa pulang," kata Ade, Minggu (20/9/2020).

Ade mengatakan, sempat menimbang dan hasilnya mengejutkan dengan berat 180 gram padahal berat rata-rata telur normal hanya 75 sampai 80 gram. Ia mengaku  pakan yang diberikannya tak ada yang khusus. Pakan yang sama yang diberikan kepada ayam-ayamnya.

"Ayam petelur itu awalnya bertelur dua bulan lalu tapi ternyata rutin setiap dua sampai tiga hari sekali dengan ukuran jumbo. Sedangkan, ribuan ayam lain ukuran telur normal semua. Berat ayam yang bertelur jumbo itu mencapai 2,1 kg, ini di atas rata-rata ayam normal," ujarnya.

Menurutnya, keluarga penasaran melihat telur berukuran jumpo hingga memecahkan untuk mengetahui isinya tapi di dalam telur tersebut telah terdapat kuning telur berukuran normal terbalut cairan putih dan merah. Namun, untuk telur normal hanya terlihat satu kuning tetapi yang ukuran besar memang terdapat dua dan untuk cairan putih tebal.

"Memang telur ukuran jumpo sulit dipercaya dan faktanya seperti itu. Keluarga saya juga penasaran dan kita masak rasanya sama seperti telur normal dan tidak ada yang beda dengan yang lainnya meskipun di dalam telur ada dua telur kuning dan cairan putih sangat banyak," paparnya. (OL-13)

Baca Juga

MI/Arnoldus Ndae

JK: Pandemi Covid-19 Beres di Indonesia pada 2022

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:40 WIB
KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari...
dok.mi

Kasus Positif Covid-19 di Bali Trennya Menurun

👤Ruta Suryana/Arnold Dae 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 16:55 WIB
KASUS positif covid-19 di Bali dalam sepekan terakhir cenderung menunjukkan tren...
Istimewa

LSI Prediksi Petahana di Pilkada Sulut Sulit Dikalahkan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 16:40 WIB
JIKA tidak ada kejadian luar biasa, pasangan petahana Olly – Steven sulit dikalahkan pada Pilkada Sulut pada 9 Desember...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya